INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
Nama Kepala Sekolah                       :……………………………………………………………….
Satuan Pendidikan                             :……………………………………………………………….
Alamat                                                   :……………………………………………………………….
Nama Penilai                                       :……………………………………………………………….
Jabatan Penilai                                    : Pengawas Sekolah TK / SD
Indeks Kinerja Kepala Sekolah        : ………………. ( Kategori : ………………………………. ) 
PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN
1.     Anda diminta menilai kinerja kepala sekolah dari aspek pelaksanaan tugas pokok, komitmen dalam melaksanakan tugas dan hasil kerja yang tercermin pada prestasi sekolah, guru, dan siswa
2.     Setiap aspek yang dinilai dinyatakan dalam pernyataan / pertanyaan yang disertai empat descriptor yang menggambarkan perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.
3.     Anda diminta melingkari salah satu angka yang ada pada kolom sebelah kanan ( 1 ; 2 ; 3 ; 4 ) setelah mengkaji descriptor yang menggambarkan perilaku kepala sekolah sebagaimana tertera pada kolom sebelah kiri.
4.     Kriteria untuk setiap angka pada setiap pernyataan / pertanyaan adalah sebagai berikut :
(1)   apabila ada satu descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
(2)   apabila ada dua descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah      
(3)   apabila ada tiga descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
(4)   apabila ada empat descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
5.     Jika tidak satu pun descriptor tampak dalam perilaku kepala sekolah maka untuk pernyataan tersebut diberi angka nol (0).
|     No  |        Dimensi   Penilaian  |        |        Indikator   dan Deskriptor  |        Skala Nilai  |   
|     A.  |        KOMITMEN   TERHADAP TUGAS  |        |   ||
|     1  |        Kepribadian  |        1.1  |        Kepala sekolah jujur dalam hal   apapun terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)        Mengisi agenda kegiatan harian sesuai kenyataan   dan mengisi buku penghubung jika meningggalkan jam dinasnya 2)        Merekam jumlah barang yang diterima dalam   pembelian sama dengan yang tertulis pada faktur pembelian 3)        Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran   keuangan sekolah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya 4)        Menyampaikan laporan kegiatan sekolah sesuai   dengan realita yang sebenarnya terjadi  |        |   
|     |        |        1.2  |        Kepala sekolah terbuka dalam hal   apapun yang terkait dengan pelaksanaan tugas pokoknya  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Melibatkan   guru, staf TU, dan pengurus Komsek dalam menyusun RKAS 2)       Menempatkan   RKAS di tempat strategis untuk diketahui semua warga sekolah 3)       Memberi   kesempatan kepada pihak yang terkait untuk mengetahui pembukuan keuangan   sekolah 4)       Memberi   kesempatan kepada guru, staf  TU, siswa   untuk memberi saran dan kritik yang membangun kepada kepala sekolah  |        |   
|     |        |        1.3  |        Kepala sekolah memiliki integritas   kepribadian sebagai pemimpin  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Memiliki   kestabilan emosi dalam merespon permasalahan 2)       Mampu   mengemndalikan diri dalam menghadapi masalah pekerjaan 3)       Tidak   ragu-ragu dalam membuat keputusan 4)       Konsisten   dalam berkata dan berperilaku  |        |   
|     |        |        1.4  |        Kepala sekolah bertanggungjawab atas   pelaksanaan tugasnya  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Berani   menanggung resiko atas kebijakan yang telah ditetapkannya 2)       Melindungi   guru dan staf sekolah manakala ada pengaduan pihak luar sepanjang ada dalam   jalan yang benar 3)       Tidak   mencari kambing hitam untuk menutupi kekurangan dirinya dalam melaksanakan   tugas 4)       Merasa bahwa   keberhasilan dan kegagalan siswa dalam meraih prestasi menjadi   tanggungjawabnya  |        |   
|     |        |        1.5  |        Kepala sekolah memiliki rasa percaya   diri dalam melaksanakan tugasnya  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Selalu optimis   mampu mencari berbagai alternative pemecahana masalah yang ada di sekolah 2)       Selalu   optimis bahwa program yang telah disusun bias berhasil 3)       Mantap dalam   berkata, bersikap dan bertindak 4)       Berani   mengambil langkah baru apabila mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........  |        |   |||
|     2  |        Sosial  |        2.1  |        Kepala sekolah menjalin komunikasi   dengan pihak lain untuk pelaksanaan tugas pokoknya  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Menjalin   komunikasi dengan pihak luar sekolah 2)       Komunikasi dilakukan   dengan berbagai pihak ( sekolah lain, institusi pemerintah,institusi swasta,   tokoh masyarakat, dan sejenisnya ) 3)       Menggunakan   berbagai teknik komunkasi ( lisan dan tertulis ) 4)       Komunikasi   dengan pihak lain telah membuahkan keberhasilan sekolah  |        |   
|     |        |        2.2  |        Kepala sekolah menjalin kerjasama   dengan pihak lain  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Mengadakan   kerjasama dengan sekolah lain yang sejenis 2)       Kerjasama   dilakukan dengan institusi pemerintah, non pemerintah, dunia industry, dan   masyarakat 3)       Kerjasama   dilakukan secara formal dan tidak formal 4)       Kerjasama   membuahkan hasil untuk kemajuan sekolah  |        |   
|     |        |        2.3  |        Kepala sekolah memiliki kepekaan   terhadap masalah social  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Cepat   menangkap masalah atau penderitaan yang dihadapi pihak lain 2)       Cepat   memberikan respon untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi pihak   lain 3)       Memberikan   bantuan kepada pihak lain yang membutuhkan 4)       Mengkoordinasi   anggota sekolah untuk memberikan bantuan kepada pihak lain yang membutukan  |        |   
|     |        |        2.4  |        Kepala sekolah berpartisipasi dalam   kegiatan social  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Melakukan   kegiatanpengabdian masyarakat ( pelatih, pembimbingan, bantuan, dan   sejenisnya ) 2)       Mengkoordinir   anggota sekolah ( guru, staf, atau siswa ) untuk melaksanakan kegiatan   pengabdian masyarakat 3)       Melaksanakan   tugas-tugas social kemasyarakatan ( kegiatan desa, kegiatan dewan sekolah,   dsb. ) 4)       Mengkoordinir   anggota sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat  |        |   
|     |        |        2.5  |        Kepala sekolah memberikan bantuan   kepada pihak lain  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Memberikan bantuan pemikiran kepada pihak lain   yang memerlukan 2)         Memberikan bantuan tenaga kepada pihak lain yang   memerlukan 3)         Memberikan bantuan dana kepada pihak lain yang   memerlukan 4)         Memberikan bantuan jasa kepada pihak lain yang   memerlukan  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        ……….  |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........  |        ……….  |   |||
|     Nilai   komponen komitmen terhadap tugas = Rata-rata nilai Kepribadian dan Sosial   |        ……….  |   |||
|     B  |        TUGAS   POKOK DAN FUNGSI  |        |   ||
|     1  |        Manajerial  |        1.1  |        Kepala sekolah menyusun perencanaan   sekolah   |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun perencanaan jangka panjang secara   tertulis 2)         Perencanaan jangka panjang disusun berdasarkan   kebijakan pendidikan nasional 3)         Perencanaan jangka panjang didasarkan pada   kondisi sekolah ( kelemahan, keunggulan, peluang, dan tantangan ) 4)         Perencanaan jangka panjang dijabarkan secara   jelas ( tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )  |        |   
|     |        |        1.2  |        Kepala sekolah menyusun perencanaan   jangka mkenengah sekolah (± 4 tahun )  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun perencanaan jangka menengah secara   tertulis 2)         Perencanaan jangka menengah disusun berdasarkan   perencanaan jangka panjang sekolah 3)         Perencanaan jangka menengah didasarkan pada   kondisi sekolah ( kelemahan, keunggulan, peluang, dan tantangan ) 4)         Perencanaan jangka menengah dijabarkan secara   jelas ( tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )  |        |   
|     |        |        1.3  |        Kepala sekolah menyusun program   kerja tahunan sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun program kerja tahunan secara tertulis 2)         Program kerja tahunan disusun berdasarkan   perencanaan jangka menengah 3)         Program kerja tahunan mengacu pada sasaran /   target yang dicapai sekolah dalam waktu satu tahun ajaran 4)         Program kerja tahunan sekolah dijabarkan secara   jelas (tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )  |        |   
|     |        |        1.4  |        Kepala sekolah pedoman sekolah untuk   menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi   pembelajaran peserta didik  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)     Membuat dan memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek   pengelolaan secara tertulis yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait. 2)     Pedoman disusun dengan mempertimbangkan visi, misi dan tujuan sekolah    3)     Pedoman sekolah berfungsi sebagai petunjuk pelaksanaan   operasional 4)     Pedoman sekolah ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala   sesuai dengan perkembangan masyarakat.  |        |   
|     |        |        1.5  |        Kepala sekolah mengembangkan   organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Struktur organisasi sekolah berisi tentang   sistem penyelenggaraan dan administrasi yang diuraikan secara jelas dan   transparan ( adanya uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas   tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi sekolah ) 2)         Menempatkan guru pada tugas pokok dan tugas   tambahannya  secara tepat sesuai dengan   kemampuan yang dimilikinya 3)         Diputuskan kepala sekolah dengan   mempertimbangkan pendapat dari komite sekolah    serta dievaluasi secara berkala untuk melihat efektifitas mekanisme   kerja pengelolaan sekolah  4)         Adanya perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan   dari masing-masing komponen organisasi secara pereodik  |        |   
|     |        |        1.6  |        Kepala sekolah    melaksanakan kegiatan sekolah   |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan, 2)         Masing-masing penanggung jawab kegiatan   didasarkan pada ketersediaan sumber daya   yang ada 3)         Perubahan pelaksanaan kegiatan sekolah yang   tidak sesuai dengan rencana, diditetapkan melalui persetujuan rapat dewan   pendidik dan komite sekolah 4)         dipertanggungjawabkan  pada rapat dewan  pada rapat komite sekolah dalam bentuk   laporan pada akhir tahun  |        |   
|     |        |        1.7  |        Kepala sekolah mengelola penerimaan   siswa baru   |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Mengadakan perencanaan penerimaan siswa baru 2)         Mengadakan seleksi penerimaan siswa baru 3)         Pendaftaran siswa baru dilakukan sesuai dengan   daya tampung 4)         Melaksanakan orientasi siswa baru  |        |   
|     |        |        1.8  |        Kepala sekolah mengelola   pengelompokan siswa  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Melakukan identifikasi karakteristik siswa 2)         Mengadakan pengelompokan siswa 3)         Pengelompokan didasarkan pada karakteristik   siswa 4)         Pengelompokan dapat menunjang kegiatan belajar   siswa  |        |   
|     |        |        1.9  |        Kepala sekolah mengelola   pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan   tujuan pendidikan nasional  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Kegiatan pembelajaran di semua kelas sudah   menggunakan pembelajaran yang berorientasi PAKEM 2)         Setiap kelas memiliki alat peraga/media   pembelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran 3)         Adanya portofolio dan pajangan hasil karya   peserta didik di setiap kelas 4)         Setiap guru telah menyusun RPP sesuai dengan   Permendiknas No.41 tahun 2007  |        |   
|     |        |        1.10  |        Kepala sekolah mengelola kurikulum   tingkat satuan pendidikan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun KTSP ( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK ) 2)         Melaksanakan KTSP( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK ) 3)         Memantau pelaksanaan ( bagi SD ), KTSP dan   Kurilulum TK ( bagi TK ) 4)         Menilai keberhasilan KTSP( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK )  |        |   
|     |        |        1.11  |        Kepala sekolah menyusun kalender   pendidikan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Penyusunan kalender pendidikan / akademik   meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan   hari libur. 2)         Didasarkan pada Standar Isi; 3)         Berisi    pelaksanaan aktivitas sekolah selama satu tahun dan dirinci secara   semesteran,bulanan, dan mingguan 4)         diputuskan dalam rapat dewan pendidik dan   ditetapkan oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        1.12  |        Kepala sekolah mengembangkan program   pembelajaran  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun program pembelajaran setiap tahun   ajaran 2)         Program pembelajaran dikembangkan sesuai dengan   kompetensi dasar 3)         Program pembelajaran dinilai secara pereodik /   persemester 4)         Program pembelajaran diperbaiki dan   disempurnakan pada setiap akhir tahun  |        |   
|     |        |        1.13  |        Kepala sekolah melaksanakan program   pembelajaran  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Mengkoordinir pelaksanaan program pembelajaran 2)         Program pembelajaran dilaksanakan sesuai rencana 3)         Pelaksanaan program pembelajaran dipantau secara   terencana 4)         Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dinilai   sesuai rencana  |        |   
|     |        |        1.14  |        Kepala sekolah mengevaluasi guru   dalam melaksanakan pembelajaran  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Mengunjungi kelas mengamati guru mengajar 2)         Berdiskusi dengan guru membahas berbagai masalah   pembelajaran 3)         Menilai RPP( bagi TK : RKM dan RKH )  yang dibuat guru 4)         Memanfaatkan hasil evaluasi untuk memperbaiki   mutu pembelajaran  |        |   
|     |        |        1.15  |        Penilaian hasil belajar pada seluruh   mata pelajaran dan pengembangan diri  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Sekolah menyusun program penilaian hasil belajar   yang berkeadilan, bertanggung jawab dan berkesinambungan 2)         KKM disusun berdasarkan analisis kompleksitas   KD, intake, dan sumber daya pendukung 3)         Ada analisis hasil belajar untuk menjadi bahan   program remedial, klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan, laporan   kepada pihak yang memerlukan pertimbangan, kenaikan kelas atau kelulusan  4)         Didokumentasikan secara sistematis   |        |   
|     |        |        1.16  |        Kepala sekolah menyusun peraturan   akademik  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Diputuskan   melalui rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah  2)       Berisi   persyaratan minimal kehadiran siswa untuk mengikuti pelajaran dan tugas dari   guru, ketentuan mengenai ulangan, remedial, ujian, kenaikan kelas, dan   kelulusan. 3)       Berisi   ketentuan mengenai hak siswa untuk    menggunakan fasilitas belajar, laboratorium, perpustakaan, penggunaan   buku pelajaran, buku referensi, dan buku perpustakaan; 4)       Berisi   ketentuan mengenai layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas,   dan konselor.   |        |   
|     |        |        1.17  |        Kepala sekolah melaksanakan   pengaturan  pendidik dan tenaga   kependidikan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Memperhatikan Standar Pendidik dan Tenaga   Kependidikan  2)         Dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah   termasuk pembagian tugas, serta mampu   mengatasi bila terjadi kekurangan tenaga,  3)         Adanya sistem penghargaan, dan pengembangan   profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan 4)         Diterapkan    secara profesional, adil,dan terbuka  |        |   
|     |        |        1.18  |        Kepala sekolah mengelola sarana dan   prasarana dalam rangka pendayagunaan secara optimal  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         menetapkan kebijakan program secara tertulis   mengenai pengelolaan sarana dan prasarana 2)         mengevaluasi dan melakukan pemeliharaan sarana   dan prasarana agar  tetap berfungsi   mendukung proses pendidikan 3)         melengkapi     fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di  sekolah  4)         menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas   pendidikan sesuai  dengan tujuan   pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat  |        |   
|     |        |        1.19  |        Kepala sekolah melaksanakan   pengaturan dibidang keuangan dan pembiayaan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Adanya pengaturan mengenai sumber pemasukan,   pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola 2)         Melakukan penggalangan dana di luar dana   investasi dan operasional 3)         kewenangan dan tanggungjawab kepala sekolah   dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya 4)         Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta   penggunaan anggaran dilaporkan kepada komite sekolah, serta institusi di   atasnya  |        |   
|     |        |        1.20  |        Kepala sekolah mampu menciptakan   budaya dan lingkungan sekolah melalui suasana, iklim, dan lingkungan   pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien    |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Memiliki pedoman tata tertib bagi pendidik,   tenaga kependidikan, dan peserta didik dalam hal menggunakan dan memelihara   sarana dan prasarana pendidikan 2)         Memiliki petunjuk, peringatan, dan larangan   dalam berperilaku di Sekolah, serta pemberian sangsi bagi warga yang   melanggar tata tertib / kode etik  3)         Menetapkan kode etik bagi warga sekolah yang di   dalamnya termuat norma tentang hubungan sesama warga di dalam lingkungan   sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah  dengan masyarakat 4)         Memiliki program yang jelas untuk meningkatkan   kesadaran beretika bagi semua warga sekolah  |        |   
|     |        |        1.21  |        Kepala sekolah menciptakan   lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Mengembangkan    lingkungan / halaman sekolah yang teduh 2)         Menyediakan fasilitas bermain yang memadai bagi   siswa  3)         Menjaga kebersihan sekolah 4)         Menciptakan keindahan pada sekolah  |        |   
|     |        |        1.22  |        Kepala sekolah meningkatkan peran   serta masyarakat dan kemitraan sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Melibatkan warga dan masyarakat pendukung   sekolah  dalam mengelola pendidikan. 2)         Keterlibatan masyarakat dilakukan melalui komite   sekolah,pelibatan masyarakat secara umum, dan pelibatan organisasi profesi. 3)         Mampu memacu percepatan peningkatan mutu   penyelenggaraan sekolah dan mempercepat peningkatan mutu hasil belajar secara   keseluruhan 4)         Menetapkan peraturan terhadap batasan peran dan   kemitraan yang melibatkan peranserta warga sekolah  dan masyarakat.  |        |   
|     |        |        1.23  |        Kepala sekolah mengelola   administrasi ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan   sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Mengelola   administrasi program pembelajaran,  administrasi   kesiswaan, administrasi kepegawaian,    administrasi keuangan, dan administrasi perelengkapan / barang secara   teratur 2)       Menyusun   administrasi ketatausahaan secara tertib sehingga mudah dijangkau oleh yang   memerlukan 3)       Administrasi   ketatausahaan didukung dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komonikasi   (TIK) yang memadai 4)       Perekaman   data dan pengaturan sumber data di sekolah dilakukan oleh petugas yang   ditugaskan oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        1.24  |        Kepala sekolah memfasilitasi   pengelolaan kepustakaan sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Sekolah memiliki sarana dan prasarana   kepustakaan sekolah 2)         Mengembangkan kepustakaan sekolah sesuai dengan   kebutuhan guru dan peserta didik di semua tingkatan 3)         Memfasilitasi pelayanan peminjaman kepada guru   maupun peserta didik 4)         Merencanakan fasilitas peminjaman buku dan bahan   pustaka lainnya sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik    |        |   
|     |        |        1.25  |        Kepala sekolah melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan   program kegiatan sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Melakukan monitoring   dan evaluasi secara berkala terhadap program kegiatan sekolah 2)       Melakukan   rencana tindak lanjut terhadap hasil temuan monitoringdan  evaluasi serta  menindaklanjutinya  3)       Melaporkan   seluruh hasil monitoring dan evalasi pelaksanan program kegiatan sekolah   kepada instansi yang berwenang 4)       Mendokumentasikan  kegiatan monev dan laporan dengan tertib   dan baik  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 100 ) x 4 = ........  |        |   |||
|     2  |        Supervisi  |        2.1  |        Kepala sekolah merencanakan program   supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Menyusun program supervise akademik setiap   semester 2)         Sasaran, tujuan, rencana pelaksanan, dan teknik   supervise jelas, tepat, dan relaistis 3)         Mensosialisasikan program supervise akademik   kepada guru 4)         Mempersiapkan instrument  sesuai tujuan supervise akademik  |        |   
|     |        |        2.2  |        Kepala sekolah melaksanakan   supervise akademik  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         Melaksanakan supervise akademik sesuai program   supervise akademik 2)         Menggunakan teknik dan instrument supervise   akademik yang tepat  3)         Memiliki data / nilai hasil supervise 4)         Adanya peningkatan profesionalisme guru   |        |   
|     |        |        2.3  |        Kepala sekolah melaksanakan   supervise akademik dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Dilaksanakan   pada tahap perencanaan pembelajaran 2)       Dilaksanakan   pada kegiatan awal pembelajaran 3)       Dilaksanakan   pada kegiatan inti pembelajaran 4)       Dilaksanakan   pada kegiatan akhir pembelajaran  |        |   
|     |        |        2.4  |        Langkah pembinaan kemampuan guru   yang dilaksanakan kepala sekolah melalui supervisi akademik  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Menciptakan   hubungan-hubungan yang harmonis dengan warga sekolah 2)       Menganalisis   kebutuhan pembelajaran 3)       Mengembangkan   strategi dan media pembelajaran 4)       Menentukan   tingkat keberhasilan yang dicapai dan mengadakan perbaikan teknik supervise   |        |   
|     |        |        2.5  |        Kepala sekolah menindaklanjuti hasil   supervise akademik   |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       Membuat   analisa kelebihan dan kekurangan dari guru yang disupervise  sesuai program yang telah dibuatnya 2)       Menyusun   rencana tindak lanjut terhadap hasil temuan supervise  3)       Rencana   tindak lanjut disusun berdasar skala prioritas hasil temuan 4)       Rencana   tindak lanjut dimasukkan dalam program kegiatan sekolah serta didanai melalui   RKAS  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........  |        |   |||
|     3  |        Kewirausahaan  |        3.1  |        Kepala sekolah mampu menciptakan   inovasi yang berguna bagi pengembangan SD  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         memiliki tujuan yang jelas   dan terukur dalam mengembangkan sekolah 2)         menunjukkan cara-cara baru   yang lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan 3)         memiliki pandangan bahwa   hasil yang dapat diterima lebih penting daripada hasil yang sempurna 4)         adanya perubahan dan   kemajuan pada sekolah yang dipimpinnya  |        |   
|     |        |        3.2  |        Kepala sekolah menunjukkan   sifat,  watak, dan perilaku  seorang wirausahawan  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         berpikir kreatif-inovatif   serta mampu membaca arah perkembangan dunia pendidikan 2)         memiliki inisiatif dan penuh   percaya diri, dengan indikator penuh keyakinan, optimis, disiplin,   berkomitmen,  penuh energi, cekatan   dalam bertindak, aktif dan bertanggungjawab 3)         memiliki motif berprestasi   dengan indikator berorientasi pada hasil dan berwawasan ke depan 4)         memiliki jiwa kepemimpinan   dengan indikator berani tampil beda, dapat dipercaya dan tangguh dalam   bertindak; serta berani mengambil risiko dengan penuh perhitungan  |        |   
|     |        |        3.3  |        Kepala sekolah bekerja keras   untuk mencapai keberhasilan TK/SD sebagai organisasi pembelajaran yang   efektif  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)         memiliki motivasi yang kuat   untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai   pemimpin sekolah 2)         pantang menyerah dan selalu   mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala sekolah 3)         memiliki naluri   kewirausahaan sebagai sumber belajar siswa 4)       menjadi   teladan bagi para guru khususnya mengenai kompetensi kewirausahaan  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 15 ) x 4 = ........  |        |   |||
|     Nilai   komponen pelaksanaan tupoksi adalah = rata-rata nilai manajerial,   kewirausahaan, dan supervisi  |        |   |||
|     C  |        HASIL KERJA  |        |   ||
|     1  |        Prestasi siswa  |        1.1  |        Prestasi akademik siswa   selama dipimpin oleh kepala sekolah   |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat nasional 2)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat provinsi 3)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat kabupaten 4)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat kecamatan  |        |   
|     |        |        1.2  |        Prestasi non akademik siswa   selama dipimpin oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat nasional 2)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat provinsi 3)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat kabupaten 4)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat kecamatan  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..  |        |   |||
|     2  |        Prestasi guru  |        2.1  |        Prestasi akademik guru selama   dipimpin oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat nasional  2)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat provinsi 3)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat kabupaten 4)       menjadi juara dibidang   akademik  tingkat kecamatan  |        |   
|     |        |        2.2  |        Prestasi non akademik guru   selama dipimpin oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat nasional 2)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat provinsi 3)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat kabupaten 4)       menjadi juara dibidang non   akademik  tingkat kecamatan  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..  |        |   |||
|     3  |        Prestasi sekolah  |        3.1  |        Kelebihan dari sekolah lain   selama dipimpin oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       merupakan sekolah favorit   yang diminati oleh masyarakat 2)       memiliki kelebihan di bidang   program pengembangan diri  3)       peringkat 10 besar Ujian   Nasional di tingkat kecamatan / kabupaten ( untuk kepala SD ) ; dan memiliki   kelebihan dibidang kegiatan pembelajaran ( untuk kepala TK ) 4)       memiliki kelebihan di bidang   7 K  |        |   
|     |        |        3.2  |        Penghargaan yang diterima   sekolah selama dipimpin oleh kepala sekolah  |        |   
|     |        |        |        Deskriptor 1)       menjadi juara dalam lomba   gugus di tingkat kecamatan 2)       menjadi juara dalam lomba   gugus di tingkat kabupaten 3)       peringkat akreditasi minimal   B 4)       memperoleh penghargaan dari instansi   lain / fihak swasta  |        |   
|     JUMLAH   SCORE  |        |   |||
|     NILAI   : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..  |        |   |||
|     Nilai   komponen hasil kerja = rata-rata nilai prestasi siswa, prestasi guru, dan   prestasi sekolah   |        |   |||
|     NILAI   KESELURUHAN = (  Nilai Pelaksanaan   Tupoksi + Nilai Komitmen Terhadap Tugas + Nilai Hasil Kerja ) : 3 = ( ……………..   + …………… + …………….) : 3 = ………………  |        ……….  |   |||
|     Keterangan :    Jenjang   kategori kinerja Kepala Sekolah : Indeks Kinerja  (0,00 – 1,00) =    kinerja kepala sekolah kategori rendah Indeks Kinerja  (1,01 – 2,00) =    kinerja kepala sekolah kategori sedang Indeks Kinerja  (2,01 – 3,00) =    kinerja kepala sekolah kategori tinggi Indeks Kinerja  (3,01 -    4,00) =    kinerja kepala   sekolah kategori sempurna  |   ||||
Catatan
Instrumen Peniaian Kinerja Kepala Sekolah dibuat rangkap 2,                                
1 rangkap (asli ) digunakan sebagai dokumen pengawas sekolah,        
1 rangkap (foto copy) diserahkan ke Korwas.
Mengetahui                                                                                          Kediri, …………………………………….
                Koordinator Pengawas Sekolah                                                      Pengawas Sekolah / Supervisor
                RUSMADI, A.Ma.Pd.                                                                          ________________________________
                Nip. 19520414 197303 1 003                                                           Nip. …………………………………………
|       PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI DINAS     PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA Jl. Airlangga No. – Tlp. 0354-682997 Fax. 680420 Kediri  |     
REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2010
Nama Pengawas Sekolah                                 : ………………………………………………………………              NIP                                         : …………………………………………
Tugas Kepengawasan                                       : UPTD Pendidikan TK dan SD Kec. ……………………………Jumlah Daerah Binaan        : ……………….. SD dan …………….. TK
Hasil Penilaian Kinerja
|     No  |        Nama Kepala   Sekolah  |        Unit Kerja  |        Komponen   Penilaian  |        Jumlah  |        Kriteria  |   |||||||
|     Komitmen   terhadap tugas  |        Pelaksanaan   Tupoksi  |        Hasil   Kerja  |   ||||||||||
|     Kepribadian  |        Sosial  |        Manajerial  |        Supervisi  |        Kewira usahaan  |        Prestasi   siswa  |        Prestasi   guru  |        Prestasi   sekolah  |   |||||
|     1  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     2  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     3  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     4  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     5  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     …..  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   
|     Jumlah  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   ||
|     Rata-rata  |        |        |        |        |        |        |        |        |        |        |   ||
Catatan
Rekapitulasi Peniaian Kinerja Kepala Sekolah dibuat rangkap 2,                                           Mengetahui                                                                                          Kediri, …………………………………….
1 rangkap (asli ) digunakan sebagai dokumen pengawas sekolah,                                        Koordinator Pengawas Sekolah                                                      Pengawas Sekolah / Supervisor
1 rangkap (foto copy) diserahkan ke Korwas.
                                                                                                                                                                RUSMADI, A.Ma.Pd.                                                                          ________________________________
Nip. 19520414 197303 1 003                                                           Nip. …………………………………………
Dasar : Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010  Tentang  Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah
BAB VII : Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah 
Pasal 12 
(1)       Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap 4 (empat) tahun. 
(2)       Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah/madrasah. 
(3)       Penilaian kinerja 4 (empat) tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah dimana yang bersangkutan bertugas. 
(4)       Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: 
a.     usaha pengembangan sekolah/madrasah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah/madrasah; 
b.     peningkatan kualitas sekolah/madrasah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan selama dibawah kepemimpinan yang bersangkutan; dan 
c.     Usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah/madrasah; 
(5)       Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang. 
(6)       Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai pedoman penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal. 
Dasar : Evaluasi Kinerja ( Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan Lainnya ), Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Depdiknas, 2009
ASPEK YANG DINILAI 
|     No  |        Komponen   Penilaian  |        Aspek /   Dimensi Penilaian  |        Ket.  |   
|     1  |        Komitmen   terhadap tugas  |        Kepribadian  |        |   
|     |        |        Sosial   |        |   
|     2  |        Pelaksanaan   Tupoksi  |        Manajerial  |        |   
|     |        |        Supervisi   |        |   
|     |        |        Kewirausahaan  |        |   
|     3  |        Hasil   Kerja   |        Prestasi   siswa  |        |   
|     |        |        Prestasi   guru  |        |   
|     |        |        Prestasi   sekolah  |        |   
Jumasco Casino & Resort | JamBase NJ
BalasHapusAll the details 서울특별 출장샵 about Jumasco Casino 광주 출장마사지 & Resort in Tunica County, including rates, hours, map, 광명 출장안마 Located 공주 출장안마 in the center of the casino, it is owned and operated 진주 출장샵 by Jumasco