Rabu, 16 Maret 2011

Penilaian kinerja kepala sekolah


INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Nama Kepala Sekolah                       :……………………………………………………………….
Satuan Pendidikan                             :……………………………………………………………….
Alamat                                                   :……………………………………………………………….
Nama Penilai                                       :……………………………………………………………….
Jabatan Penilai                                    : Pengawas Sekolah TK / SD
Indeks Kinerja Kepala Sekolah        : ………………. ( Kategori : ………………………………. )

PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN

1.     Anda diminta menilai kinerja kepala sekolah dari aspek pelaksanaan tugas pokok, komitmen dalam melaksanakan tugas dan hasil kerja yang tercermin pada prestasi sekolah, guru, dan siswa
2.     Setiap aspek yang dinilai dinyatakan dalam pernyataan / pertanyaan yang disertai empat descriptor yang menggambarkan perilaku kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.
3.     Anda diminta melingkari salah satu angka yang ada pada kolom sebelah kanan ( 1 ; 2 ; 3 ; 4 ) setelah mengkaji descriptor yang menggambarkan perilaku kepala sekolah sebagaimana tertera pada kolom sebelah kiri.
4.     Kriteria untuk setiap angka pada setiap pernyataan / pertanyaan adalah sebagai berikut :
(1)   apabila ada satu descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
(2)   apabila ada dua descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah     
(3)   apabila ada tiga descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
(4)   apabila ada empat descriptor, tampak dalam tindakan kepala sekolah
5.     Jika tidak satu pun descriptor tampak dalam perilaku kepala sekolah maka untuk pernyataan tersebut diberi angka nol (0).

No
Dimensi Penilaian

Indikator dan Deskriptor
Skala Nilai
A.
KOMITMEN TERHADAP TUGAS

1
Kepribadian
1.1
Kepala sekolah jujur dalam hal apapun terkait dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya




Deskriptor
1)      Mengisi agenda kegiatan harian sesuai kenyataan dan mengisi buku penghubung jika meningggalkan jam dinasnya
2)      Merekam jumlah barang yang diterima dalam pembelian sama dengan yang tertulis pada faktur pembelian
3)      Membuat laporan penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya
4)      Menyampaikan laporan kegiatan sekolah sesuai dengan realita yang sebenarnya terjadi



1.2
Kepala sekolah terbuka dalam hal apapun yang terkait dengan pelaksanaan tugas pokoknya




Deskriptor
1)       Melibatkan guru, staf TU, dan pengurus Komsek dalam menyusun RKAS
2)       Menempatkan RKAS di tempat strategis untuk diketahui semua warga sekolah
3)       Memberi kesempatan kepada pihak yang terkait untuk mengetahui pembukuan keuangan sekolah
4)       Memberi kesempatan kepada guru, staf  TU, siswa untuk memberi saran dan kritik yang membangun kepada kepala sekolah



1.3
Kepala sekolah memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin




Deskriptor
1)       Memiliki kestabilan emosi dalam merespon permasalahan
2)       Mampu mengemndalikan diri dalam menghadapi masalah pekerjaan
3)       Tidak ragu-ragu dalam membuat keputusan
4)       Konsisten dalam berkata dan berperilaku



1.4
Kepala sekolah bertanggungjawab atas pelaksanaan tugasnya




Deskriptor
1)       Berani menanggung resiko atas kebijakan yang telah ditetapkannya
2)       Melindungi guru dan staf sekolah manakala ada pengaduan pihak luar sepanjang ada dalam jalan yang benar
3)       Tidak mencari kambing hitam untuk menutupi kekurangan dirinya dalam melaksanakan tugas
4)       Merasa bahwa keberhasilan dan kegagalan siswa dalam meraih prestasi menjadi tanggungjawabnya



1.5
Kepala sekolah memiliki rasa percaya diri dalam melaksanakan tugasnya




Deskriptor
1)       Selalu optimis mampu mencari berbagai alternative pemecahana masalah yang ada di sekolah
2)       Selalu optimis bahwa program yang telah disusun bias berhasil
3)       Mantap dalam berkata, bersikap dan bertindak
4)       Berani mengambil langkah baru apabila mengalami kegagalan dalam menjalankan tugas

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........

2
Sosial
2.1
Kepala sekolah menjalin komunikasi dengan pihak lain untuk pelaksanaan tugas pokoknya




Deskriptor
1)       Menjalin komunikasi dengan pihak luar sekolah
2)       Komunikasi dilakukan dengan berbagai pihak ( sekolah lain, institusi pemerintah,institusi swasta, tokoh masyarakat, dan sejenisnya )
3)       Menggunakan berbagai teknik komunkasi ( lisan dan tertulis )
4)       Komunikasi dengan pihak lain telah membuahkan keberhasilan sekolah



2.2
Kepala sekolah menjalin kerjasama dengan pihak lain




Deskriptor
1)       Mengadakan kerjasama dengan sekolah lain yang sejenis
2)       Kerjasama dilakukan dengan institusi pemerintah, non pemerintah, dunia industry, dan masyarakat
3)       Kerjasama dilakukan secara formal dan tidak formal
4)       Kerjasama membuahkan hasil untuk kemajuan sekolah



2.3
Kepala sekolah memiliki kepekaan terhadap masalah social




Deskriptor
1)       Cepat menangkap masalah atau penderitaan yang dihadapi pihak lain
2)       Cepat memberikan respon untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi pihak lain
3)       Memberikan bantuan kepada pihak lain yang membutuhkan
4)       Mengkoordinasi anggota sekolah untuk memberikan bantuan kepada pihak lain yang membutukan



2.4
Kepala sekolah berpartisipasi dalam kegiatan social




Deskriptor
1)       Melakukan kegiatanpengabdian masyarakat ( pelatih, pembimbingan, bantuan, dan sejenisnya )
2)       Mengkoordinir anggota sekolah ( guru, staf, atau siswa ) untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat
3)       Melaksanakan tugas-tugas social kemasyarakatan ( kegiatan desa, kegiatan dewan sekolah, dsb. )
4)       Mengkoordinir anggota sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat




2.5
Kepala sekolah memberikan bantuan kepada pihak lain




Deskriptor
1)       Memberikan bantuan pemikiran kepada pihak lain yang memerlukan
2)       Memberikan bantuan tenaga kepada pihak lain yang memerlukan
3)       Memberikan bantuan dana kepada pihak lain yang memerlukan
4)       Memberikan bantuan jasa kepada pihak lain yang memerlukan

JUMLAH SCORE
……….
NILAI : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........
……….
Nilai komponen komitmen terhadap tugas = Rata-rata nilai Kepribadian dan Sosial
……….
B
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

1
Manajerial
1.1
Kepala sekolah menyusun perencanaan sekolah




Deskriptor
1)       Menyusun perencanaan jangka panjang secara tertulis
2)       Perencanaan jangka panjang disusun berdasarkan kebijakan pendidikan nasional
3)       Perencanaan jangka panjang didasarkan pada kondisi sekolah ( kelemahan, keunggulan, peluang, dan tantangan )
4)       Perencanaan jangka panjang dijabarkan secara jelas ( tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )



1.2
Kepala sekolah menyusun perencanaan jangka mkenengah sekolah (± 4 tahun )




Deskriptor
1)       Menyusun perencanaan jangka menengah secara tertulis
2)       Perencanaan jangka menengah disusun berdasarkan perencanaan jangka panjang sekolah
3)       Perencanaan jangka menengah didasarkan pada kondisi sekolah ( kelemahan, keunggulan, peluang, dan tantangan )
4)       Perencanaan jangka menengah dijabarkan secara jelas ( tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )



1.3
Kepala sekolah menyusun program kerja tahunan sekolah




Deskriptor
1)       Menyusun program kerja tahunan secara tertulis
2)       Program kerja tahunan disusun berdasarkan perencanaan jangka menengah
3)       Program kerja tahunan mengacu pada sasaran / target yang dicapai sekolah dalam waktu satu tahun ajaran
4)       Program kerja tahunan sekolah dijabarkan secara jelas (tujuan, program kegiatan, waktu pelaksanaan, dan sejenisnya )



1.4
Kepala sekolah pedoman sekolah untuk menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik




Deskriptor
1)     Membuat dan memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dibaca oleh pihak-pihak yang terkait.
2)     Pedoman disusun dengan mempertimbangkan visi, misi dan tujuan sekolah
3)     Pedoman sekolah berfungsi sebagai petunjuk pelaksanaan operasional
4)     Pedoman sekolah ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan masyarakat.



1.5
Kepala sekolah mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan




Deskriptor
1)       Struktur organisasi sekolah berisi tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi yang diuraikan secara jelas dan transparan ( adanya uraian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang jelas tentang keseluruhan penyelenggaraan dan administrasi sekolah )
2)       Menempatkan guru pada tugas pokok dan tugas tambahannya  secara tepat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya
3)       Diputuskan kepala sekolah dengan mempertimbangkan pendapat dari komite sekolah  serta dievaluasi secara berkala untuk melihat efektifitas mekanisme kerja pengelolaan sekolah
4)       Adanya perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dari masing-masing komponen organisasi secara pereodik



1.6
Kepala sekolah  melaksanakan kegiatan sekolah




Deskriptor
1)       Dilaksanakan berdasarkan rencana kerja tahunan,
2)       Masing-masing penanggung jawab kegiatan   didasarkan pada ketersediaan sumber daya yang ada
3)       Perubahan pelaksanaan kegiatan sekolah yang tidak sesuai dengan rencana, diditetapkan melalui persetujuan rapat dewan pendidik dan komite sekolah
4)       dipertanggungjawabkan  pada rapat dewan  pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan pada akhir tahun



1.7
Kepala sekolah mengelola penerimaan siswa baru




Deskriptor
1)       Mengadakan perencanaan penerimaan siswa baru
2)       Mengadakan seleksi penerimaan siswa baru
3)       Pendaftaran siswa baru dilakukan sesuai dengan daya tampung
4)       Melaksanakan orientasi siswa baru



1.8
Kepala sekolah mengelola pengelompokan siswa




Deskriptor
1)       Melakukan identifikasi karakteristik siswa
2)       Mengadakan pengelompokan siswa
3)       Pengelompokan didasarkan pada karakteristik siswa
4)       Pengelompokan dapat menunjang kegiatan belajar siswa



1.9
Kepala sekolah mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional




Deskriptor
1)       Kegiatan pembelajaran di semua kelas sudah menggunakan pembelajaran yang berorientasi PAKEM
2)       Setiap kelas memiliki alat peraga/media pembelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran
3)       Adanya portofolio dan pajangan hasil karya peserta didik di setiap kelas
4)       Setiap guru telah menyusun RPP sesuai dengan Permendiknas No.41 tahun 2007



1.10
Kepala sekolah mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan




Deskriptor
1)       Menyusun KTSP ( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK )
2)       Melaksanakan KTSP( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK )
3)       Memantau pelaksanaan ( bagi SD ), KTSP dan Kurilulum TK ( bagi TK )
4)       Menilai keberhasilan KTSP( bagi SD ),  dan Kurilulum TK ( bagi TK )



1.11
Kepala sekolah menyusun kalender pendidikan




Deskriptor
1)       Penyusunan kalender pendidikan / akademik meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur.
2)       Didasarkan pada Standar Isi;
3)       Berisi  pelaksanaan aktivitas sekolah selama satu tahun dan dirinci secara semesteran,bulanan, dan mingguan
4)       diputuskan dalam rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah



1.12
Kepala sekolah mengembangkan program pembelajaran




Deskriptor
1)       Menyusun program pembelajaran setiap tahun ajaran
2)       Program pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar
3)       Program pembelajaran dinilai secara pereodik / persemester
4)       Program pembelajaran diperbaiki dan disempurnakan pada setiap akhir tahun



1.13
Kepala sekolah melaksanakan program pembelajaran




Deskriptor
1)       Mengkoordinir pelaksanaan program pembelajaran
2)       Program pembelajaran dilaksanakan sesuai rencana
3)       Pelaksanaan program pembelajaran dipantau secara terencana
4)       Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dinilai sesuai rencana




1.14
Kepala sekolah mengevaluasi guru dalam melaksanakan pembelajaran




Deskriptor
1)       Mengunjungi kelas mengamati guru mengajar
2)       Berdiskusi dengan guru membahas berbagai masalah pembelajaran
3)       Menilai RPP( bagi TK : RKM dan RKH )  yang dibuat guru
4)       Memanfaatkan hasil evaluasi untuk memperbaiki mutu pembelajaran




1.15
Penilaian hasil belajar pada seluruh mata pelajaran dan pengembangan diri




Deskriptor
1)       Sekolah menyusun program penilaian hasil belajar yang berkeadilan, bertanggung jawab dan berkesinambungan
2)       KKM disusun berdasarkan analisis kompleksitas KD, intake, dan sumber daya pendukung
3)       Ada analisis hasil belajar untuk menjadi bahan program remedial, klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan pertimbangan, kenaikan kelas atau kelulusan
4)       Didokumentasikan secara sistematis




1.16
Kepala sekolah menyusun peraturan akademik




Deskriptor
1)       Diputuskan melalui rapat dewan pendidik dan ditetapkan oleh kepala sekolah
2)       Berisi persyaratan minimal kehadiran siswa untuk mengikuti pelajaran dan tugas dari guru, ketentuan mengenai ulangan, remedial, ujian, kenaikan kelas, dan kelulusan.
3)       Berisi ketentuan mengenai hak siswa untuk  menggunakan fasilitas belajar, laboratorium, perpustakaan, penggunaan buku pelajaran, buku referensi, dan buku perpustakaan;
4)       Berisi ketentuan mengenai layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran, wali kelas, dan konselor.




1.17
Kepala sekolah melaksanakan pengaturan  pendidik dan tenaga kependidikan




Deskriptor
1)       Memperhatikan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2)       Dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah   termasuk pembagian tugas, serta mampu mengatasi bila terjadi kekurangan tenaga,
3)       Adanya sistem penghargaan, dan pengembangan profesi bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan
4)       Diterapkan  secara profesional, adil,dan terbuka




1.18
Kepala sekolah mengelola sarana dan prasarana dalam rangka pendayagunaan secara optimal




Deskriptor
1)       menetapkan kebijakan program secara tertulis mengenai pengelolaan sarana dan prasarana
2)       mengevaluasi dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana agar  tetap berfungsi mendukung proses pendidikan
3)       melengkapi   fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di  sekolah
4)       menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai  dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat




1.19
Kepala sekolah melaksanakan pengaturan dibidang keuangan dan pembiayaan




Deskriptor
1)       Adanya pengaturan mengenai sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola
2)       Melakukan penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional
3)       kewenangan dan tanggungjawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya
4)       Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran dilaporkan kepada komite sekolah, serta institusi di atasnya





1.20
Kepala sekolah mampu menciptakan budaya dan lingkungan sekolah melalui suasana, iklim, dan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien 




Deskriptor
1)       Memiliki pedoman tata tertib bagi pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dalam hal menggunakan dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan
2)       Memiliki petunjuk, peringatan, dan larangan dalam berperilaku di Sekolah, serta pemberian sangsi bagi warga yang melanggar tata tertib / kode etik
3)       Menetapkan kode etik bagi warga sekolah yang di dalamnya termuat norma tentang hubungan sesama warga di dalam lingkungan sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah  dengan masyarakat
4)       Memiliki program yang jelas untuk meningkatkan kesadaran beretika bagi semua warga sekolah



1.21
Kepala sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan




Deskriptor
1)       Mengembangkan  lingkungan / halaman sekolah yang teduh
2)       Menyediakan fasilitas bermain yang memadai bagi siswa
3)       Menjaga kebersihan sekolah
4)       Menciptakan keindahan pada sekolah



1.22
Kepala sekolah meningkatkan peran serta masyarakat dan kemitraan sekolah




Deskriptor
1)       Melibatkan warga dan masyarakat pendukung sekolah  dalam mengelola pendidikan.
2)       Keterlibatan masyarakat dilakukan melalui komite sekolah,pelibatan masyarakat secara umum, dan pelibatan organisasi profesi.
3)       Mampu memacu percepatan peningkatan mutu penyelenggaraan sekolah dan mempercepat peningkatan mutu hasil belajar secara keseluruhan
4)       Menetapkan peraturan terhadap batasan peran dan kemitraan yang melibatkan peranserta warga sekolah  dan masyarakat.



1.23
Kepala sekolah mengelola administrasi ketatausahaan sekolah dalam rangka mendukung pencapaian tujuan sekolah




Deskriptor
1)       Mengelola administrasi program pembelajaran,  administrasi kesiswaan, administrasi kepegawaian,  administrasi keuangan, dan administrasi perelengkapan / barang secara teratur
2)       Menyusun administrasi ketatausahaan secara tertib sehingga mudah dijangkau oleh yang memerlukan
3)       Administrasi ketatausahaan didukung dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komonikasi (TIK) yang memadai
4)       Perekaman data dan pengaturan sumber data di sekolah dilakukan oleh petugas yang ditugaskan oleh kepala sekolah



1.24
Kepala sekolah memfasilitasi pengelolaan kepustakaan sekolah




Deskriptor
1)       Sekolah memiliki sarana dan prasarana kepustakaan sekolah
2)       Mengembangkan kepustakaan sekolah sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik di semua tingkatan
3)       Memfasilitasi pelayanan peminjaman kepada guru maupun peserta didik
4)       Merencanakan fasilitas peminjaman buku dan bahan pustaka lainnya sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik 



1.25
Kepala sekolah melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah




Deskriptor
1)       Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap program kegiatan sekolah
2)       Melakukan rencana tindak lanjut terhadap hasil temuan monitoringdan  evaluasi serta  menindaklanjutinya
3)       Melaporkan seluruh hasil monitoring dan evalasi pelaksanan program kegiatan sekolah kepada instansi yang berwenang
4)       Mendokumentasikan  kegiatan monev dan laporan dengan tertib dan baik

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 100 ) x 4 = ........

2
Supervisi
2.1
Kepala sekolah merencanakan program supervise akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru




Deskriptor
1)       Menyusun program supervise akademik setiap semester
2)       Sasaran, tujuan, rencana pelaksanan, dan teknik supervise jelas, tepat, dan relaistis
3)       Mensosialisasikan program supervise akademik kepada guru
4)       Mempersiapkan instrument  sesuai tujuan supervise akademik



2.2
Kepala sekolah melaksanakan supervise akademik




Deskriptor
1)       Melaksanakan supervise akademik sesuai program supervise akademik
2)       Menggunakan teknik dan instrument supervise akademik yang tepat
3)       Memiliki data / nilai hasil supervise
4)       Adanya peningkatan profesionalisme guru



2.3
Kepala sekolah melaksanakan supervise akademik dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru




Deskriptor
1)       Dilaksanakan pada tahap perencanaan pembelajaran
2)       Dilaksanakan pada kegiatan awal pembelajaran
3)       Dilaksanakan pada kegiatan inti pembelajaran
4)       Dilaksanakan pada kegiatan akhir pembelajaran



2.4
Langkah pembinaan kemampuan guru yang dilaksanakan kepala sekolah melalui supervisi akademik




Deskriptor
1)       Menciptakan hubungan-hubungan yang harmonis dengan warga sekolah
2)       Menganalisis kebutuhan pembelajaran
3)       Mengembangkan strategi dan media pembelajaran
4)       Menentukan tingkat keberhasilan yang dicapai dan mengadakan perbaikan teknik supervise



2.5
Kepala sekolah menindaklanjuti hasil supervise akademik




Deskriptor
1)       Membuat analisa kelebihan dan kekurangan dari guru yang disupervise  sesuai program yang telah dibuatnya
2)       Menyusun rencana tindak lanjut terhadap hasil temuan supervise
3)       Rencana tindak lanjut disusun berdasar skala prioritas hasil temuan
4)       Rencana tindak lanjut dimasukkan dalam program kegiatan sekolah serta didanai melalui RKAS

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 20 ) x 4 = ........

3
Kewirausahaan
3.1
Kepala sekolah mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan SD




Deskriptor
1)       memiliki tujuan yang jelas dan terukur dalam mengembangkan sekolah
2)       menunjukkan cara-cara baru yang lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan
3)       memiliki pandangan bahwa hasil yang dapat diterima lebih penting daripada hasil yang sempurna
4)       adanya perubahan dan kemajuan pada sekolah yang dipimpinnya



3.2
Kepala sekolah menunjukkan sifat,  watak, dan perilaku  seorang wirausahawan




Deskriptor
1)       berpikir kreatif-inovatif serta mampu membaca arah perkembangan dunia pendidikan
2)       memiliki inisiatif dan penuh percaya diri, dengan indikator penuh keyakinan, optimis, disiplin, berkomitmen,  penuh energi, cekatan dalam bertindak, aktif dan bertanggungjawab
3)       memiliki motif berprestasi dengan indikator berorientasi pada hasil dan berwawasan ke depan
4)       memiliki jiwa kepemimpinan dengan indikator berani tampil beda, dapat dipercaya dan tangguh dalam bertindak; serta berani mengambil risiko dengan penuh perhitungan



3.3
Kepala sekolah bekerja keras untuk mencapai keberhasilan TK/SD sebagai organisasi pembelajaran yang efektif




Deskriptor
1)       memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin sekolah
2)       pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala sekolah
3)       memiliki naluri kewirausahaan sebagai sumber belajar siswa
4)       menjadi teladan bagi para guru khususnya mengenai kompetensi kewirausahaan

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 15 ) x 4 = ........

Nilai komponen pelaksanaan tupoksi adalah = rata-rata nilai manajerial, kewirausahaan, dan supervisi

C
HASIL KERJA

1
Prestasi siswa
1.1
Prestasi akademik siswa selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat nasional
2)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat provinsi
3)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat kabupaten
4)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat kecamatan



1.2
Prestasi non akademik siswa selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat nasional
2)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat provinsi
3)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat kabupaten
4)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat kecamatan

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..

2
Prestasi guru
2.1
Prestasi akademik guru selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat nasional
2)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat provinsi
3)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat kabupaten
4)       menjadi juara dibidang akademik  tingkat kecamatan



2.2
Prestasi non akademik guru selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat nasional
2)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat provinsi
3)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat kabupaten
4)       menjadi juara dibidang non akademik  tingkat kecamatan

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..

3
Prestasi sekolah
3.1
Kelebihan dari sekolah lain selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       merupakan sekolah favorit yang diminati oleh masyarakat
2)       memiliki kelebihan di bidang program pengembangan diri
3)       peringkat 10 besar Ujian Nasional di tingkat kecamatan / kabupaten ( untuk kepala SD ) ; dan memiliki kelebihan dibidang kegiatan pembelajaran ( untuk kepala TK )
4)       memiliki kelebihan di bidang 7 K



3.2
Penghargaan yang diterima sekolah selama dipimpin oleh kepala sekolah




Deskriptor
1)       menjadi juara dalam lomba gugus di tingkat kecamatan
2)       menjadi juara dalam lomba gugus di tingkat kabupaten
3)       peringkat akreditasi minimal B
4)       memperoleh penghargaan dari instansi lain / fihak swasta

JUMLAH SCORE

NILAI : ( Jumlah Score / 10 ) x 4 = ……..

Nilai komponen hasil kerja = rata-rata nilai prestasi siswa, prestasi guru, dan prestasi sekolah


NILAI KESELURUHAN = (  Nilai Pelaksanaan Tupoksi + Nilai Komitmen Terhadap Tugas + Nilai Hasil Kerja ) : 3 = ( …………….. + …………… + …………….) : 3 = ………………

……….
Keterangan :
Jenjang kategori kinerja Kepala Sekolah :
Indeks Kinerja  (0,00 – 1,00) =    kinerja kepala sekolah kategori rendah
Indeks Kinerja  (1,01 – 2,00) =    kinerja kepala sekolah kategori sedang
Indeks Kinerja  (2,01 – 3,00) =    kinerja kepala sekolah kategori tinggi
Indeks Kinerja  (3,01 -  4,00) =    kinerja kepala sekolah kategori sempurna


Catatan
Instrumen Peniaian Kinerja Kepala Sekolah dibuat rangkap 2,                               
1 rangkap (asli ) digunakan sebagai dokumen pengawas sekolah,       
1 rangkap (foto copy) diserahkan ke Korwas.

Mengetahui                                                                                          Kediri, …………………………………….
                Koordinator Pengawas Sekolah                                                      Pengawas Sekolah / Supervisor




                RUSMADI, A.Ma.Pd.                                                                          ________________________________
                Nip. 19520414 197303 1 003                                                           Nip. …………………………………………









PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
Jl. Airlangga No. – Tlp. 0354-682997 Fax. 680420
Website : www.dispendik-kabkediri.net Kode Pos 64182
Kediri



REKAPITULASI HASIL PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2010

Nama Pengawas Sekolah                                 : ………………………………………………………………              NIP                                         : …………………………………………
Tugas Kepengawasan                                       : UPTD Pendidikan TK dan SD Kec. ……………………………Jumlah Daerah Binaan        : ……………….. SD dan …………….. TK
Hasil Penilaian Kinerja

No
Nama Kepala Sekolah
Unit Kerja
Komponen Penilaian
Jumlah
Kriteria
Komitmen terhadap tugas
Pelaksanaan Tupoksi
Hasil Kerja
Kepribadian
Sosial
Manajerial
Supervisi
Kewira
usahaan
Prestasi siswa
Prestasi guru
Prestasi sekolah
1












2












3












4












5












…..












Jumlah










Rata-rata











Catatan
Rekapitulasi Peniaian Kinerja Kepala Sekolah dibuat rangkap 2,                                           Mengetahui                                                                                          Kediri, …………………………………….
1 rangkap (asli ) digunakan sebagai dokumen pengawas sekolah,                                        Koordinator Pengawas Sekolah                                                      Pengawas Sekolah / Supervisor
1 rangkap (foto copy) diserahkan ke Korwas.

                                                                                                                                                                RUSMADI, A.Ma.Pd.                                                                          ________________________________
Nip. 19520414 197303 1 003                                                           Nip. …………………………………………



               
               
Dasar : Peraturan  Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010  Tentang  Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah
BAB VII : Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
Pasal 12
(1)       Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap 4 (empat) tahun.
(2)       Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah/madrasah.
(3)       Penilaian kinerja 4 (empat) tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, dan komite sekolah dimana yang bersangkutan bertugas.
(4)       Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
a.     usaha pengembangan sekolah/madrasah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah/madrasah;
b.     peningkatan kualitas sekolah/madrasah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan selama dibawah kepemimpinan yang bersangkutan; dan
c.     Usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah/madrasah;
(5)       Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang.
(6)       Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai pedoman penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal.

Dasar : Evaluasi Kinerja ( Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan Lainnya ), Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen PMPTK Depdiknas, 2009

ASPEK YANG DINILAI
No
Komponen Penilaian
Aspek / Dimensi Penilaian
Ket.
1
Komitmen terhadap tugas
Kepribadian



Sosial

2
Pelaksanaan Tupoksi
Manajerial



Supervisi



Kewirausahaan

3
Hasil Kerja
Prestasi siswa



Prestasi guru



Prestasi sekolah




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar