INSTRUMEN PEMANTAUAN 8 SNP SEKOLAH DASAR
Daerah Binaan / Kepengawasan : Drs. AJI SULISTYANTO
Nama Sekolah : ………………………………………………………….
Alamat Sekolah : ………………………………………………………….
Kec. Gampengrejo Kab. Kediri
Nama Kepala Sekolah : ………………………………………………………….. NIP. : …………………………………………………..
No. Telepon Sekolah : …………………………………………………………. No. Tlp. KS : …………………………………………
Waktu Pemantauan : Hari ……………………….., Tgl. …………………………………………………………..
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
A. KOMPONEN LAHAN
1. Aspek Luas Lahan | Score | | |
1) | Sekolah memiliki luas lahan minimal atau lebih untuk SSN dengan jumlah anak 15-28 siswa per rombongan belajar (lihat table 1 pada buku indikator Sekolah), yaitu: a. 76 – 100 % atau lebih c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
2. Aspek Keamanan | | | |
1) | Dalam satu tahun terakhir, sekolah memenuhi unsur-unsur aspek keamanan : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
3. Aspek Kenyamanan | | | |
1) | Dalam satu tahun terakhir, sekolah memenuhi unsur-unsur aspek kenyamanan : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
4. Aspek Ijin Pemanfaatan Lahan | | | |
1) | Dalam hal pemanfaatan lahan, kondisi dan lokasi sekolah memenuhi: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
| Sub Total | | |
| Score = ( Sub Total / 12 ) x 100 = …………. | | |
NO | KOMPONEN | ASPEK | INDIKATOR |
1. | Lahan | 1) Luas lahan | Memenuhi ketentuan rasio minimum luas lahan terhadap siswa, sebagaimana tercantum pada Tabel 1 dari Standar Sarana dan Prasarana. |
2) Keamanan | Terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa. Indikatornya antara lain : 1) terhindar dari potensi bahaya dalam hal kesehatan, 2) terhindar dari potensi bahaya dalam hal keselematan jiwa, 3) mempunyai akses untuk penyelamatan bahaya, 4) ketersediaan sarpras (obat-obatan), 5) terhindar dari kerawanan pencurian, dll. | ||
3) Kenyamanan | Terhindar dari gangguan : 1) kebisingan, 2) pencemaran air, 3) pencemaran udara, 4) pencemaran lingkungan, 5) dll. | ||
4) Ijin pemanfaatan lahan | Keperuntukan, ijin yangmencakup : 1) keberadaan sekolah sesuai dg keperuntukannya, 2) memiliki status hak atas tanah, 3) ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan 4) tidak dalam sengketa. |
B. KOMPONEN BANGUNAN
1. Aspek Luas Lantai | Score | | |
1) | Sekolah memiliki rasio minimum luas lantai bangunan (lihat tabel 2 pada buku indikator Sekolah) dengan jumlah anak per rombongan belajar, yaitu: a. 76 – 100 % atau lebih c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
2. Aspek Keselamatan | | | |
1) | Dalam satu tahun terakhir, kondisi sekolah dan bangunan sarpras sekolah memenuhi unsur-unsur keselamatan bangunan memenuhi : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
3. Aspek Kesehatan | | | |
1) | Kondisi sekolah dan bangunan sarpras sekolah memenuhi unsur-unsur kesehatan bangunan pada tahun terakhir mencapai : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
4. Aspek Kenyamanan | | | |
1) | Kondisi bangunan sekolah memenuhi unsur-unsur kenyamanan dan mencapai : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
5. Aspek Daya Listrik | | | |
1) | Kondisi bangunan sekolah menggunakan daya listrik: a. ≥ 3000 watt c. 900 watt b. 1300 watt d. 450 watt | | |
6. Aspek Ijin Bangunan | | | |
1) | Kondisi bangunan sekolah memenuhi aspek legalitas: a. Memiliki ijin pengeringan, IMB (ijin mendirikan bangunan), penggunaan bangunan, serta kesanggupan penataan lingkungan b. Telah memiliki ijin pengeringan dan dalam proses penyelesaian IMB serta ijin penggunaan bangunan c. Telah memiliki ijin pengeringan dan IMB dan ijin penggunaan bangunan belum diproses d. Tidak ada ijin pengeringan dan IMB serta ijin penggunaan bangunan | | |
7. Aspek Pemeliharaan | | | |
1) | Sekolah melaksanakan pemeliharaan bangunan dengan pemenuhan aspek-aspek: (1) pemeliharaan ringan, (2) pemeliharaan sedang, (3) pemeliharaan berat, (4) dilakukan berkala/rutin, (5) terdapat sarpras pendukung pemeliharaan, (6) dan sebagainya, pada tahun terakhir mencapai: a. ≥ 4 aspek c. 2 aspek b. 3 aspek d. 1 aspek | | |
8. Aspek Kecukupan Bangunan | | | |
1) | Sekolah mengembangkan kebutuhan bangunan, inventarisasi bangunan, dan lainnya: a. Ya b. Tidak | | |
| Sub Total | | |
| Score = ( Sub Total / 30 ) x 100 = …………. | |
NO | KOMPONEN | ASPEK | INDIKATOR |
2. | Bangunan | 1) Luas lantai | Memenuhi ketentuan rasio minimum luas lantai terhadap siswa, sebagaimana tercantum pada Tabel 2 dari Standar Sarana dan Prasarana. |
2) Keselamatan | Unsur-unsur keselamatan bangunan : 1) struktur yang stabil dan kokoh, 2) tahan gempa, 3) terdapat fasilitas pemadan kebakaran, 4) terdapat fasilitas anti petir, 5) terdapat sarpras menghindari banjir, dll | ||
3) Kesehatan | Unsur kesehatan bangunan : 1) Sanitasi, 2) memiliki sanitasi di luar bangunan, 3) memiliki salurab air hujan, 4) pengelolaan/pembakaran sampah, dll. | ||
4) Kenyamanan | Ventilasi dan pencayaan; Unsur-unsur kenyamanan : 1) terdapat ventilasi udara, 2) pencahayaan memadai, 3) kesesuaian cat dinding, 4) luasan ruang sesuai, dan lain-lain. dan pencahayaan. | ||
5) Daya listrik | Daya listrik | ||
6) Ijin bangunan | Izin bangunan dan penggunaan | ||
7) Pemeliharaan | Jenis dan waktu pemeliharaan | ||
8) Kecukupan secara kuantitas | Pengembangan |
C. KOMPONEN KELENGKAPAN SARPRAS
1. Aspek Kelengkapan Prasarana | Score | | |
1) | Sekolah memiliki kelengkapan sarpras, yang terdiri dari : a. ≥ 14 jenis c. 5 – 9 jenis b. 10 – 13 jenis d. ≤ 4 jenis | | |
2) | Kelengkapan sarpras laboratorium komputer memenuhi ketentuan dan mencapai : a. ≥ 8 jenis c. 2 – 4 jenis b. 5 – 7 jenis d. 1 jenis | | |
3) | Kelengkapan sarpras laboratorium bahasa memenuhi ketentuan dan mencapai : a. ≥ 6 jenis c. 2 – 3 jenis b. 4 – 5 jenis d. 1 jenis | | |
| Sub Total | | |
2. Aspek Ruang Kelas | | | |
1) | Ruang kelas memenuhi ketentuan dan mencapai : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Jumlah ruang kelas yang telah memenuhi standar minimal sarpras sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 3 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
| Sub Total | | |
3. Aspek Ruang Perpustakaan | | | |
1) | Perpustakaan sekolah memenuhi ketentuan dan unsur-unsur: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras perpustakaan telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 4 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
| Sub Total | | |
4. Aspek Ruang Laboratorium IPA | | | |
1) | Ruang laboratorium IPA memenuhi ketentuan dan unsur-unsur: a. ≥ 6 unsur c. 2 unsur b. 3 – 5 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras laboratorium IPA telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 5 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
| Sub Total | | |
5. Aspek Ruang Pimpinan | | | |
1) | Ruang pimpinan yang dimiliki sekolah terdiri dari : a. ≥ 9 jenis c. 3 – 4 jenis b. 5 – 8 jenis d. 1 – 2 jenis | | |
2) | Sarpras ruang pimpinan telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 6 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
| Sub Total | | |
6. Aspek Ruang Guru | | | |
1) | Kriteria ruang guru memenuhi unsur-unsur dan ketentuan : a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras ruang guru telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 5 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 25 % | | |
| Sub Total | | |
7. Aspek Ruang Tata Usaha | | | |
1) | Kriteria ruang tata usaha usaha memenuhi unsur dan ketentuan : a. ≥ 6 unsur c. 2 unsur b. 3 – 5 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras ruang TU telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 8 pada buku indikator Sekolah) : a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
8. Aspek Tempat Ibadah | | | |
1) | Tempat ibadah bagi warga sekolah memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Standar Sarana dan Prasarana tempat ibadah memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
| Sub Total | | |
9. Aspek Ruang Konseling | | | |
1) | Ruang konseling sebagai tempat siswa mendapatkan layanan konseling memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras ruang konseling telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 9 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
10. Aspek Ruang UKS | | | |
1) | Ruang UKS sebagai tempat untuk penanganan dini siswa yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah, memenuhi ketentuan: a. ≥ 5 unsur c. 2 unsur b. 3-4 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras ruang UKS telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 10 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
11. Aspek Ruang Organisasi Kesiswaan | | | |
1) | Ruang organisasi kesiswaan sebagai tempat melakukan kegiatan kesekretariatan, memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras ruang organisasi kesiswaan telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 11 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
12. Aspek Jamban | | | |
1) | Jamban sebagai tempat buang air besar dan/atau kecil, memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras jamban telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 12 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
13. Aspek Gudang | | | |
1) | Gudang sebagai tempat penyimpanan, memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras gudang telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 13 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
14. Aspek Ruang Sirkulasi | | | |
1) | Ruang sirkulasi horisontal sebagai tempat penghubung antar ruang dalam pembangunan sekolah dan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial siswa di luar jam pelajaran, memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
15. Aspek Tempat Bermain / Olah Raga | | | |
1) | Tempat bermain/berolahraga memenuhi ketentuan: a. ≥ 4 unsur c. 2 unsur b. 3 unsur d. 1 unsur | | |
2) | Sarpras tempat bermain/ berolahraga telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 14 pada buku indikator Sekolah): a. 76 – 100 % c. 26 – 50 % b. 51 – 75 % d. < 26 % | | |
| Sub Total | | |
| Jumlah Sub Total | | |
| Score = ( Jumlah Sub Total /Max. Sub Total ) x 100 = ………….. | | |
SCORE STANDAR SARANA DAN PRASARANA = ( Rata-2 Score Komponen ) = ………… Sebutan ………………. Kendala Peningkatan Standar Sarana dan Prasarana ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. Kediri, ……… Pebruari 2011 Supervisor Kepala Sekolah Drs. AJI SULISTYANTO _________________________ Nip. 19581206 197803 1 006 Nip. …………………………………… | |
NO | KOMPONEN | ASPEK | INDIKATOR |
3. | Kelengkapan Prasarana dan Sarana | 1) Kelengkapan prasarana | Terdiri dari minimal 14 ruang/kelengkapan sarpras, antara lain : 1) ruang kelas, 2) ruang perlustakaan, 3) ruang IPA, 4) ruang pimpinan, 5) ruang guru, 6) ruang tata usaha, 7) tempat ibadah, 8) ruang konseling, 9) ruang UKS, 10) ruang OSIS, 11) jamban, 12) gudang, 13) ruang sirkulasi, 14) tempat bermain/OR, dll |
Terdapat laboratorium komputer, dengan ketentuan : 1) jumlah minimal 50 % jumlah siswa, 2) spec mutakhir, 3) ada jaringan internet, 4) terdapat perangkat KTSP TIK, 5) ada pemeliharaan rutin, 6) daya listrik memadai, 7) luas riang memadai, 8) ada ventilasi/ pencahayaan, dan sirkulasi udara, dsb. | |||
Terdapat laboratorium bahasa; Terdapat laboratorium bahasa, dengan ketentuan : 1) jumlah meja/perangkat keras sesuai dengan jumlah siswa, 2) spec mutakhir, 3), ada pemeliharaan rutin, 4) daya listrik memadai, 5) luas ruang memadai, 6) ada ventilasi/ pencahayaan, dan sirkulasi udara, dsb. | |||
2) Ruang kelas | Jumlah, kapasitas, rasio luasan/siswa ruang kelas ; unsur-unsurnya antara lain : 1) ruang kela = jumlah rombel, 2) kapasiltas maksimum 32 siswa, 3) rasio minimum 2 m2/siswa, dan lebar minimum 5 m, 4) pencahayaan memadai, dll | ||
Standar sebagaimana tercantum pada Tabel 3 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
3) Ruang perpustakaan | Tempat baca, luasan, lebar, dan pencahayaan ruang perpustakaan: unsur-unsurnya : 1) ruang informasi untuk siswa dan guru, 2) luas ruang sama dengan ruang kelas, 3) lebar minimal 5 meter, 4) ada jendela untuk pencahayaan, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 4 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
4) Ruang laboratorium IPA | Tempat praktik, daya tampung, rasio luasan/siswa, luasan, pencahayaan, air bersih; ketentuannya antara lain : 1) ada tempat praktikum, 2) dapat menampung minimum satu rombel, 3) rasio minimum 2,4 m2/siswa, 4) lebar minimum 5 meter, 5) ada pencahayaan, dan 6) tersedia air bersih. . | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 5 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
5) Ruang pimpinan | Fungsional, jenis ruang, jumlah ruang, luasan, dengan unsur-unsur sebagai berikut : 1) ruang kepala sekolah, 2) ruang wakil kepala sekolah, 3) ruang wakil urusan, 4) ruang wali kelas, 5) ruang bendahara, 6) ruang tamu, 7) ruang rapat, 8) luas minimal dengan rasio 2 m2/orang, 9) ruang kepala sekolah minimal 12 m2, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 6 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
6) Ruang guru | Fungsional, luasan, pencahayaan, jenis, jumlah; dengan ketentuan : 1) sebagai tempat kerja dan istirahat, 2) rasio minimnal 4 m2/pendidik, 3) terdapat ruang diskusi, 4) terdapat ruang tamu khusus, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 7 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
7) Ruang tata usaha | Rasio, jumlah, janis, dengan ketentuan : 1) rasio minimal 4 m2/orang, 2) ada ruang administrsi akedemik, 3) ruang perkantoran, 4) ruang bendahara, 5) ruang penggandaan, 6) ruang arsip, 7) dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 8 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
8) Tempat ibadah | Jenis, jumlah, luasan, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) ada tempat masing-masing agama, 2) luas minimal 12 m2, 3) kebersihan memadai, 4) kemanan terjaga, 5) dll. (No. 1). Selanjutnya standar sarpras : 1) perlengkapan ibadah, 2) satu buah lemari minimal, 3) minimal satu buah jam, 4) tempat wudlu, 5) kamar kecil, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar Sarana dan Prasarana. | |||
9) Ruang konseling | Luasan, kenyamanan, jenis/jumlah, dengan ketentuan : 1) luas minimal 9 m2, 2) kenyamanan, 3) menjamin privasi siswa, 4) terdapat ruang konselor, 5) terdapat ruang tertutup khusus layanan, 6) dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 9 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
10) Ruang UKS | Luasan, jenis, jumlah, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) luas minimal 12 m2, 2) tempat perawatan, 3) terdapat ruang khusus pasien, 4) dibedakan pasien pria dan wanita, 5) nyaman dan aman, serta pencahayaan cukup, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 10 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
11) Ruang organisasi kesiswaan | Luas dan jumlah/jenis, dengan ketentuan : 1) luas minimal 9 m2, 2) ada ruang khusus pertemuan siswa, 3) ada ruang khusus kegiatan siswa, 4) ada ruang penyimpan assip, 5) aman, nyaman, dan ventilasi cukup, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 11 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
12) Jamban | Jumlah, jenis, luasan, keamanan, dengan ketentuan : 1) jumlah minimal 3 unit, 2) minimum 1 unit jamban untuk setiap 40 siswa pria, 3) minimum 1 unit jamban untuk setiap 30 siswa wanita, 4) minimum satu jamban untuk guru, 5) jamban harus beratap, berpintu, dan dapat dikunci, serta bersih, 6) dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 12 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
13) Gudang | Luasan, jumlah, jenis, dengan ketentuan : 1) luasan menyesuaikan kebutuhan, 2) ada ruang peralatan pembelajaran di luar kelas, 3) ada gudang peralatan yangbelum berfungsi, 4) ada gudang arsip sekolah, dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 13 dari Standar Sarana dan Prasarana. | |||
14) Ruang sirkulasi | Luasan, keamanan, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) luas minimal 30 % dari luas total, 2) dapat menghubungan ruang-ruang dg baik, 3) mendapatkan cahaya dengan baik, 4) kebersihan, dll. | ||
15) Tempat bermain/ berolahraga | Rasio, jenis, jumlah, kondisi, dengan ketentuan : 1) rasio luas minimal 1000 m2 untuk siswa kurang dari 334 siswa, 2) ruang bebas untuk ber-OR 20 m x 30 m, 3) terdapatdi ruang yang tidak mengganggu pembelajaran, 4) lanscape datar, drainase baik dan terbuka, 5) dll. | ||
Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 14 dari Standar Sarana dan Prasarana. |
TABEL-TABEL DARI INSTRUMEN SARPRAS
Tabel 1 Standar Sarana dan Prasarana: Luas Lahan untuk 15 – 28 peserta didik / rombel
NO | JML ROMBEL | Luas minimum lahan (m2) utk bangunan dengan jumlah lantai: | ||
1 lt | 2lt | 3 lt | ||
1 | 6 | 12.7 | 7.0 | 4.9 |
2 | 7-12 | 11.1 | 6.0 | 4.3 |
3 | 13 - 18 | 10.6 | 5.6 | 4.1 |
4 | 19 - 24 | 10.3 | 5.5 | 4.1 |
Lahan adalah : bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah meliputi : bangunan, lahan praktik, prasarana penunjang, dan pertamanan. Dicek dari luas lahan pada sertifikat tanah dan dibagi jumlah siswa
Contoh : Satpen memiliki lahan 1000 m2, bangunan 1 lantai, jumlah siswa 100, 6 rombel, dengan setiap rombel 15-28 siswa*). Jadi rasio : 100 siswa /1000 m2 = 1 : 10. Lihat kolom pada tabel 1 pada Buku Juknis, Dalam tabel satpen yang dimaksud rasio idealnya 12,7. Jadi prosentasenya adalah =(10 : 12,7) x 100 %= 79 %, jadi nilai = A
*) Apabila 1 rombel lebih dari 28 siswa maka digunakan rumus = seluruh siswa : 28 = jumlah rombelTabel 2 Standar Sarpras rasio minimum luas lantai bangunan dengan jumlah siswa: 15-28 anak per rombel
No | Jml rombel | Rasio minimum luas lantai bangunan terhadap peserta didik ( m2/peserta didk ) | ||
1 lt | 2 lt | 3 lt | ||
1 | 6 | 3,8 | 4,2 | 4,4 |
2 | 7-12 | 3,3 | 3,6 | 3,6 |
3 | 13 - 18 | 3,2 | 3,4 | 3,4 |
4 | 19 - 24 | 3,1 | 3,3 | 3,3 |
Yang dimaksud dengan bangunan : gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah, jadi luas lantai yang dimaksud adalah luas seluruh lantai bangunan. Contoh : Satpen memiliki lantai seluas 300 m2, bangunan 1 lantai, jumlah siswa 100, 6 rombel, dengan setiap rombel 15-28 siswa*). Jadi rasio : 100 siswa /300 m2= 1 : 3. Lihat kolom pada tabel 1 pada Buku Juknis. Dalam tabel satpen yang dimaksud rasio idealnya 3,8. ,Jadi prosentasenya adalah =(3 : 3,8) x 100 %= 79 %, jadi nilai = A
*) Apabila 1 rombel lebih dari 28 siswa maka digunakan rumus = seluruh siswa : 28 = jumlah rombel Tabel 3 dari Standar Sarana dan Prasarana
No | Jenis | Rasio |
1 | Kursi siswa | 1 buah/siswa |
2 | Meja siswa | 1 buah/siswa |
3 | Kursi guru | 1 buah/guru |
4 | Meja guru | 1 buah/guru |
5 | Lemari | 1 buah/ruang |
6 | Papan pajang | 1 buah/ruang |
7 | Papan tulis | 1 buah/ruang |
8 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
9 | Tempat cuci tangan | 1 buah/ruang |
10 | Jam dinding | 1 buah/ruang |
11 | Soket listrik | 1 buah/ruang |
Tabel 4 Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan
No | Jenis | Rasio |
| Buku | |
1 | Buku teks pelajaran | 1 buku/mata pelajaran/siswa, dan 2 buku/mata pelajaran/sekolah |
2 | Buku panduan guru | 1 buku/mata pelajaran/guru ybs dan 1 buku/ mata pelajaran/sekolah |
3 | Buku pengayaan | 870 judul/sekolah |
4 | Buku referensi | 20 judul/sekolah |
5 | Sumber belajar lain | 20 judul/sekolah |
| Perabot | |
6 | Rak buku | 1 set/sekolah |
7 | Rak majalah | 1 buah/sekolah |
8 | Rak surat kabar | 1 buah/sekolah |
9 | Meja baca | 15 buah/sekolah |
10 | Kursi baca | 15 buah/sekolah |
11 | Kursi kerja | 1 buah/petugas |
12 | Meja kerja/sirkulasi | 1 buah/petugas |
13 | Lemari katalog | 1 buah/sekolah |
14 | Lemari | 1 buah/sekolah |
15 | Papan pengumuman | 1 buah/sekolah |
16 | Meja multimedia | 1 buah/sekolah |
| Media Pendidikan | |
17 | Peralatan multimedia | 1 set/sekolah |
| Perlengkapan Lain | |
18 | Buku inventaris | 1 buah/sekolah |
19 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
20 | Soket listrik | 1 buah/ruang |
21 | Jam dinding | 1 buah/ruang |
Tabel 5 Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA (terpadu antara Biologi, Fisika,Kimia)
No | Jenis | Rasio |
| Perabot | |
1 | Lemari | 1 buah/sekolah ( kuat/stabil, aman, ukuran memadai, tertutup, dapat dikunci ) |
| Peralatan Pendidikan | |
| Alat peraga : | |
1 | Model kerangka manusia | 1 buah/sekolah |
2 | Model tubuh manusia | 1 buah/sekolah |
3 | Globe | 1 buah/sekolah |
4 | Model tata surya | 1 buah/sekolah |
5 | Kaca pembesar | 6 buah/sekolah |
6 | Cermin datar | 6 buah/sekolah |
7 | Cermin cekung | 6 buah/sekolah |
8 | Cermin cembung | 6 buah/sekolah |
9 | Lensa datar | 6 buah/sekolah |
10 | Lensa cekung | 6 buah/sekolah |
11 | Lensa cembung | 6 buah/sekolah |
12 | Magnet batang | 6 buah/sekolah |
| Poster IPA | |
1 | Metamorfosis | 1 set / sekolah |
2 | Hewan langka | 1 set / sekolah |
3 | Hewan dilindungi | 1 set / sekolah |
4 | Tanaman khas Indonesia | 1 set / sekolah |
5 | Contoh ekosistem | 1 set / sekolah |
6 | Sistem-sistem pernafasan hewan | 1 set / sekolah |
Tabel 6 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Pimpinan
No | Jenis | Rasio |
1 | Kursi pimpinan | 1 buah/ruang |
2 | Meja pimpinan | 1 buah/ruang |
3 | Kursi dan meja tamu | 1 set/ruang |
4 | Lemari | 1 buah/ruang |
5 | Papan statistik | 1 buah/ruang |
6 | Simbol kenegaraan | 1 set/ruang |
7 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
8 | Jam dinding | 1 buah/ruang |
Tabel 7 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Guru
No | Jenis | Rasio | |
1 | Kursi kerja | 1 buah/guru ditambah 1 buah/satu wakil kepala sekolah | |
2 | Meja kerja | 1 buah/guru | |
3 | Lemari | 1 buah/guru atau 1 buah yang digunakan bersama semua guru | |
4 | Kursi tamu | 1 set/ruang | |
5 | Papan statistik | 1 buah/ruang | |
6 | Papan pengumuman | 1 buah/sekolah | |
7 | Tempat sampah | 1 buah/ruang | |
8 | Tempat cuci tangan | 1 buah/ruang | |
9 | Jam dinding | 1 buah/ruang | |
Tabel 8 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Tatab Usaha (TU)
No | Jenis | Rasio |
1 | Kursi kerja | 1 buah/petugas |
2 | Meja kerja | 1 buah/petugas |
3 | Lemari | 1 buah/ruang |
4 | Papan statistik | 1 buah/ruang |
5 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
6 | Mesin ketik/ komputer | 1 buah/sekolah |
7 | Filing cabinet | 1 buah/sekolah |
8 | Brankas | 1 buah/sekolah |
9 | Telepon | 1 buah/sekolah |
10 | Jam dinding | 1 buah/ruang |
11 | Soket listrik | 1 buah/ruang |
12 | Penanda waktu | 1 buah/sekolah |
13 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
Tabel 9 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Konseling
No | Jenis | Rasio | |
1 | Meja kerja | 1 buah/ruang | |
2 | Kursi kerja | 1 buah/ruang | |
3 | Kursi tamu | 2 buah/ruang | |
4 | Lemari | 1 buah/ruang | |
5 | Papan kegiatan | 1 buah/ruang | |
6 | Instrumen konseling | 1 set/ruang | |
7 | Buku sumber | 1 set/ruang | |
8 | Media pengembangan kepribadian | 1 set/ruang | |
9 | Jam dinding | 1 buah/ruang | |
Tabel 10 Standar Sarana dan Prasarana Ruang UKS
No | Jenis | Rasio |
1 | Tempat tidur | 1 set/ruang |
2 | Lemari | 1 buah/ruang |
3 | Meja | 1 buah/ruang |
4 | Kursi | 2 buah/ruang |
5 | Catatan kesehatan siswa | 1 set/ruang |
6 | Perlengkapan P3K | 1 set/ruang |
7 | Tandu | 1 buah/ruang |
8 | Selimut | 1 buah/ruang |
9 | Tensimeter | 1 buah/ruang |
10 | Termometer badan | 1 buah/ruang |
11 | Timbangan badan | 1 buah/ruang |
12 | Pengukur tinggi badan | 1 buah/ruang |
13 | Tempat sampah | 1 buah/ruang |
14 | Tempat cuci tangan | 1 buah/ruang |
15 | Jam dinding | 1 buah/ruang |
Tabel 11 Standar Sarana dan Prasarana Ruang organisasi kesiswaan
No | Jenis | Rasio | |
1 | Meja | 1 buah/ruang | |
2 | Kursi | 4 buah/ruang | |
3 | Papan tulis | 1 buah/ruang | |
4 | Lemari | 1 buah/ruang | |
5 | Jam dinding | 1 buah/ruang | |
Tabel 12 Standar Sarana dan Prasarana jamban
No | Jenis | Rasio | Keterangan |
1 | Kloset jongkok | 1 buah/ruang | Saluran berbentuk leher angsa |
2 | Tempat air | 1 buah/ruang | Volume minimum 200 liter Berisi air bersih |
3 | Gayung | 1 buah/ruang | |
4 | Gantungan pakaian | 1 buah/ruang | |
5 | Tempat sampah | 1 buah/ruang | |
Tabel 13 Standar Sarana dan Prasarana gudang
No | Jenis | Rasio |
1 | Lemari | 1 buah/ruang |
2 | Rak | 1 buah/ruang |
Tabel 14 Standar Sarana dan Prasarana Tempat bermain/ berolahraga
No | Jenis | Rasio |
1 | Tiang bendera | 1 buah/sekolah |
2 | Bendera | 1 buah/sekolah |
3 | Peralatan bola voli | 6 buah/sekolah |
4 | Peralatan sepak bola | 6 set/sekolah |
5 | Peralatan senam | 1 set/sekolah |
6 | Peralalan atletik | 1 set/sekolah |
7 | Peralatan seni budaya | 1 set/sekolah |
8 | Peralatan ketrampilan | 1 set/sekolah |
9 | Pengeras suara | 1 set/sekolah |
10 | Tape recorder | 1 buah/sekolah |
Mksh, smg bermanfaat !!!
BalasHapus