INSTRUMEN PEMANTAUAN 8 SNP SEKOLAH DASAR
Daerah Binaan / Kepengawasan : Drs. AJI SULISTYANTO
Nama Sekolah                : ………………………………………………………….
Alamat Sekolah              : ………………………………………………………….
                                      Kec. Gampengrejo Kab. Kediri
Nama Kepala Sekolah     : ………………………………………………………….. NIP. : …………………………………………………..
No. Telepon Sekolah       : ………………………………………………………….  No. Tlp. KS : …………………………………………
Waktu Pemantauan         : Hari ……………………….., Tgl. …………………………………………………………..
V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
A.        KOMPONEN LAHAN
|     1.           Aspek Luas Lahan  |        Score  |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki luas lahan minimal   atau lebih untuk SSN dengan jumlah anak 15-28 siswa per rombongan belajar   (lihat table 1 pada buku indikator Sekolah), yaitu:                         a.   76 – 100 % atau lebih                                                  c.   26 – 50 %                         b.   51 –   75 %                                                                       d.     < 25 %                                       |        |        |   
|     2.           Aspek Keamanan  |        |        |   |
|     1)  |        Dalam satu tahun   terakhir, sekolah memenuhi unsur-unsur aspek keamanan :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     3.           Aspek Kenyamanan  |        |        |   |
|     1)  |        Dalam satu tahun   terakhir, sekolah memenuhi unsur-unsur aspek kenyamanan :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     4.           Aspek Ijin Pemanfaatan Lahan  |        |        |   |
|     1)  |        Dalam hal   pemanfaatan lahan, kondisi   dan lokasi sekolah memenuhi:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     |        Score = ( Sub Total / 12 ) x   100 = ………….  |        |        |   
|      NO  |          KOMPONEN  |          ASPEK  |          INDIKATOR  |    
|     1.  |        Lahan  |        1)     Luas lahan  |        Memenuhi ketentuan rasio minimum luas lahan terhadap   siswa, sebagaimana tercantum pada Tabel 1 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   
|     2)     Keamanan  |        Terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan   dan keselamatan jiwa. Indikatornya antara lain : 1) terhindar dari potensi   bahaya dalam hal kesehatan, 2) terhindar dari potensi bahaya dalam hal   keselematan jiwa, 3) mempunyai akses untuk penyelamatan bahaya, 4)   ketersediaan sarpras (obat-obatan), 5) terhindar dari kerawanan pencurian,   dll.   |   ||
|     3)     Kenyamanan  |        Terhindar dari gangguan : 1) kebisingan, 2) pencemaran   air, 3) pencemaran udara, 4) pencemaran lingkungan, 5) dll.     |   ||
|     4)     Ijin pemanfaatan lahan  |        Keperuntukan, ijin yangmencakup : 1) keberadaan   sekolah sesuai dg keperuntukannya, 2) memiliki status hak atas tanah, 3) ijin   pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan 4) tidak dalam sengketa.   |   
B.      KOMPONEN BANGUNAN
|     1.       Aspek   Luas Lantai  |        Score  |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki rasio minimum luas   lantai bangunan  (lihat tabel 2 pada buku   indikator Sekolah) dengan jumlah anak per   rombongan belajar, yaitu:                         a.   76 – 100 % atau lebih                                                  c.   26 – 50 %                         b.   51   – 75 %                                                                       d.     < 25 %                                       |        |        |   
|     2.       Aspek Keselamatan  |        |        |   |
|     1)  |        Dalam satu tahun   terakhir, kondisi sekolah dan bangunan sarpras sekolah memenuhi unsur-unsur keselamatan   bangunan memenuhi :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     3.       Aspek Kesehatan  |        |        |   |
|     1)  |        Kondisi sekolah   dan bangunan sarpras sekolah memenuhi unsur-unsur kesehatan bangunan pada   tahun terakhir mencapai :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     4.       Aspek Kenyamanan  |        |        |   |
|     1)  |        Kondisi bangunan   sekolah memenuhi unsur-unsur kenyamanan dan mencapai :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     5.       Aspek Daya Listrik  |        |        |   |
|     1)  |        Kondisi bangunan sekolah menggunakan daya listrik:                                                   a.   ≥ 3000 watt                                                                   c.   900 watt           b.   1300 watt                                                                       d.     450 watt   |        |        |   
|     6.       Aspek Ijin Bangunan  |        |        |   |
|     1)  |        Kondisi bangunan sekolah memenuhi aspek legalitas:                  a.   Memiliki ijin pengeringan,   IMB (ijin mendirikan bangunan), penggunaan bangunan, serta kesanggupan   penataan lingkungan                                             b.   Telah memiliki ijin   pengeringan dan dalam proses penyelesaian IMB serta ijin penggunaan bangunan                                               c.   Telah memiliki ijin   pengeringan dan IMB dan ijin penggunaan bangunan belum diproses           d.   Tidak ada ijin pengeringan dan IMB   serta ijin penggunaan bangunan  |        |        |   
|     7.       Aspek Pemeliharaan  |        |        |   |
|     1)  |        Sekolah   melaksanakan pemeliharaan bangunan dengan pemenuhan aspek-aspek: (1)   pemeliharaan ringan, (2) pemeliharaan sedang, (3) pemeliharaan berat, (4)   dilakukan berkala/rutin, (5) terdapat sarpras pendukung pemeliharaan, (6) dan   sebagainya, pada tahun terakhir mencapai:                                                   a.   ≥ 4 aspek                                                                        c.   2 aspek           b.   3   aspek                                                                           d.     1 aspek  |        |        |   
|     8.       Aspek Kecukupan Bangunan  |        |        |   |
|     1)  |        Sekolah mengembangkan kebutuhan bangunan, inventarisasi   bangunan, dan lainnya:                         a.   Ya                                                                                     b.   Tidak  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |    |
|     |        Score = ( Sub Total / 30 ) x   100 = ………….  |        |    |
|     NO  |        KOMPONEN  |        ASPEK  |        INDIKATOR  |   
|     2.  |        Bangunan   |        1)  Luas lantai  |        Memenuhi ketentuan rasio minimum luas lantai terhadap   siswa, sebagaimana tercantum pada Tabel 2 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   
|     2)  Keselamatan  |        Unsur-unsur keselamatan bangunan : 1) struktur yang   stabil dan kokoh, 2) tahan gempa, 3) terdapat fasilitas pemadan kebakaran, 4)   terdapat fasilitas anti petir, 5) terdapat sarpras menghindari banjir, dll   |   ||
|     3)  Kesehatan  |        Unsur kesehatan bangunan : 1) Sanitasi, 2) memiliki sanitasi di luar   bangunan, 3) memiliki salurab air hujan, 4) pengelolaan/pembakaran sampah,   dll.  |   ||
|     4)  Kenyamanan  |        Ventilasi dan pencayaan; Unsur-unsur kenyamanan : 1)   terdapat ventilasi udara, 2) pencahayaan memadai, 3) kesesuaian cat dinding,   4) luasan ruang sesuai, dan lain-lain. dan pencahayaan.  |   ||
|     5)  Daya listrik  |        Daya listrik  |   ||
|     6)  Ijin bangunan  |        Izin bangunan dan penggunaan  |   ||
|     7)  Pemeliharaan  |        Jenis dan waktu pemeliharaan  |   ||
|     8)  Kecukupan secara   kuantitas  |        Pengembangan  |   
C.      KOMPONEN KELENGKAPAN SARPRAS
|     1.       Aspek   Kelengkapan Prasarana  |        Score  |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki   kelengkapan sarpras, yang terdiri dari :                                                   a.   ≥ 14 jenis                                                                       c.   5 – 9 jenis           b.   10   – 13 jenis                                                                  d.     ≤ 4 jenis  |        |        |   
|     2)  |        Kelengkapan   sarpras laboratorium komputer memenuhi ketentuan dan mencapai :                                                     a.  ≥ 8 jenis                                                                          c.  2 – 4 jenis             b.  5 – 7 jenis                                                                      d.    1 jenis  |        |        |   
|     3)  |        Kelengkapan   sarpras laboratorium bahasa memenuhi ketentuan dan mencapai :                                                     a.  ≥ 6 jenis                                                                          c.  2 – 3 jenis             b.  4 – 5 jenis                                                                      d.    1 jenis  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     2.       Aspek   Ruang Kelas  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang kelas   memenuhi ketentuan dan mencapai :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Jumlah ruang kelas yang telah memenuhi standar minimal   sarpras sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 3 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 25 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     3.       Aspek   Ruang Perpustakaan  |        |        |   |
|     1)  |        Perpustakaan sekolah memenuhi   ketentuan dan unsur-unsur:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras perpustakaan telah memenuhi standar minimal   sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 4 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 25 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     4.       Aspek   Ruang Laboratorium IPA  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang laboratorium IPA memenuhi ketentuan   dan unsur-unsur:                                                   a.   ≥ 6 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   – 5 unsur                                                                    d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras laboratorium IPA telah memenuhi standar minimal   sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 5 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 25 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     5.       Aspek   Ruang Pimpinan  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang pimpinan yang dimiliki sekolah terdiri dari :                                                   a.   ≥ 9 jenis                                                                          c.   3 – 4 jenis           b.   5   – 8 jenis                                                                      d.     1 – 2 jenis  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras ruang pimpinan telah memenuhi standar minimal   sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 6 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 25 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     6.       Aspek   Ruang Guru  |        |        |   |
|     1)  |        Kriteria ruang guru memenuhi unsur-unsur dan ketentuan :                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras ruang   guru telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat   tabel 5 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 25 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     7.       Aspek   Ruang Tata Usaha  |        |        |   |
|     1)  |        Kriteria ruang tata usaha usaha memenuhi unsur dan ketentuan :                                                   a.   ≥ 6 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   – 5 unsur                                                                    d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras   ruang TU telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 8 pada buku indikator Sekolah) :                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     8.       Aspek   Tempat Ibadah  |        |        |   |
|     1)  |        Tempat ibadah bagi warga   sekolah memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Standar   Sarana dan Prasarana tempat ibadah   memenuhi ketentuan:                                                     a.  ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur             b.  3   unsur                                                                           d.    1 unsur  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     9.       Aspek   Ruang Konseling  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang konseling  sebagai tempat siswa mendapatkan layanan   konseling memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras ruang   konseling telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat   tabel 9 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     10.   Aspek   Ruang UKS  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang UKS sebagai tempat untuk   penanganan dini siswa yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah, memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 5 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3-4   unsur                                                                       d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras   ruang UKS telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 10 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     11.   Aspek   Ruang Organisasi Kesiswaan  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang organisasi kesiswaan   sebagai tempat melakukan kegiatan kesekretariatan, memenuhi   ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras   ruang organisasi kesiswaan telah memenuhi standar minimal sampai tahun   terakhir mencapai (lihat tabel 11 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     12.   Aspek   Jamban  |        |        |   |
|     1)  |        Jamban sebagai tempat buang   air besar dan/atau kecil, memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras jamban   telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat   tabel 12 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     13.   Aspek   Gudang  |        |        |   |
|     1)  |        Gudang sebagai tempat penyimpanan, memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3 unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras gudang   telah memenuhi standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat   tabel 13 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     14.   Aspek   Ruang Sirkulasi  |        |        |   |
|     1)  |        Ruang sirkulasi horisontal   sebagai tempat penghubung antar ruang dalam pembangunan sekolah dan sebagai   tempat berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial siswa di luar jam   pelajaran, memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     15.   Aspek   Tempat Bermain / Olah Raga  |        |        |   |
|     1)  |        Tempat bermain/berolahraga memenuhi ketentuan:                                                   a.   ≥ 4 unsur                                                                        c.   2 unsur           b.   3   unsur                                                                           d.     1 unsur  |        |        |   
|     2)  |        Sarpras tempat bermain/ berolahraga telah memenuhi   standar minimal sampai tahun terakhir mencapai (lihat tabel 14 pada buku indikator Sekolah):                                                     a.  76 – 100 %                                                                     c.  26 – 50 %             b.  51 – 75 %                                                                       d.    < 26 %  |        |        |   
|     |        Sub Total  |        |        |   
|     |        Jumlah Sub Total   |        |        |   
|     |        Score = ( Jumlah Sub Total /Max. Sub Total ) x 100 = …………..  |        |        |   
|     SCORE STANDAR SARANA DAN PRASARANA  = ( Rata-2 Score Komponen ) =  …………  Sebutan ………………. Kendala Peningkatan Standar Sarana dan   Prasarana  ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………………………………………………………………..                                                                                                               Kediri, ……… Pebruari  2011                                 Supervisor                                                                     Kepala Sekolah                          Drs. AJI SULISTYANTO                                              _________________________                          Nip. 19581206 197803   1 006                                          Nip. ……………………………………  |        |   ||
|     NO  |        KOMPONEN  |        ASPEK  |        INDIKATOR  |   
|     3.  |        Kelengkapan Prasarana dan Sarana  |        1)  Kelengkapan prasarana   |        Terdiri dari minimal 14 ruang/kelengkapan sarpras, antara   lain : 1) ruang kelas, 2) ruang perlustakaan, 3) ruang IPA, 4) ruang   pimpinan, 5) ruang guru, 6) ruang tata usaha, 7) tempat ibadah, 8) ruang   konseling, 9) ruang UKS, 10) ruang OSIS, 11) jamban, 12) gudang, 13) ruang   sirkulasi, 14) tempat bermain/OR, dll   |   
|     Terdapat laboratorium komputer, dengan ketentuan : 1) jumlah   minimal 50 % jumlah siswa, 2) spec mutakhir, 3) ada jaringan internet, 4)   terdapat perangkat KTSP TIK, 5) ada pemeliharaan rutin, 6) daya listrik   memadai, 7) luas riang memadai, 8) ada ventilasi/ pencahayaan, dan sirkulasi udara,   dsb.   |   |||
|     Terdapat laboratorium bahasa; Terdapat laboratorium bahasa,   dengan ketentuan : 1) jumlah meja/perangkat keras sesuai dengan jumlah siswa,   2) spec mutakhir, 3), ada pemeliharaan rutin, 4) daya listrik memadai, 5)   luas ruang memadai, 6) ada ventilasi/ pencahayaan, dan sirkulasi udara, dsb.  |   |||
|     2)  Ruang kelas  |        Jumlah, kapasitas, rasio luasan/siswa ruang kelas ;   unsur-unsurnya antara lain : 1) ruang kela = jumlah rombel, 2) kapasiltas   maksimum 32 siswa, 3) rasio minimum 2 m2/siswa, dan lebar minimum 5 m, 4) pencahayaan   memadai, dll  |   ||
|     Standar sebagaimana tercantum pada Tabel 3 dari Standar Sarana dan Prasarana.  |   |||
|     3)  Ruang perpustakaan  |        Tempat baca, luasan, lebar, dan pencahayaan ruang   perpustakaan:   unsur-unsurnya : 1) ruang informasi untuk siswa dan guru, 2) luas ruang sama   dengan ruang kelas, 3) lebar minimal 5 meter, 4) ada jendela untuk   pencahayaan, dll.  |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   4 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     4)  Ruang laboratorium IPA   |        Tempat praktik, daya tampung,   rasio luasan/siswa, luasan, pencahayaan, air bersih; ketentuannya antara lain : 1)   ada tempat praktikum, 2) dapat menampung minimum satu rombel, 3) rasio   minimum 2,4 m2/siswa, 4) lebar minimum 5 meter, 5) ada pencahayaan, dan 6)   tersedia air bersih. .  |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   5 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     5)  Ruang pimpinan  |        Fungsional, jenis ruang, jumlah ruang, luasan, dengan   unsur-unsur sebagai berikut : 1) ruang kepala sekolah, 2) ruang wakil kepala   sekolah, 3) ruang wakil urusan, 4) ruang wali kelas, 5) ruang bendahara, 6)   ruang tamu, 7) ruang rapat, 8) luas minimal dengan rasio 2 m2/orang, 9) ruang   kepala sekolah minimal 12 m2, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   6 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     6)  Ruang guru  |        Fungsional, luasan, pencahayaan, jenis, jumlah; dengan   ketentuan : 1) sebagai tempat kerja dan istirahat, 2) rasio minimnal 4   m2/pendidik, 3) terdapat ruang diskusi, 4) terdapat ruang tamu khusus, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   7 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     7)  Ruang tata usaha  |        Rasio, jumlah, janis, dengan ketentuan : 1) rasio   minimal 4 m2/orang, 2) ada ruang administrsi akedemik, 3) ruang perkantoran,   4) ruang bendahara, 5) ruang penggandaan, 6) ruang arsip, 7) dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   8 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     8)  Tempat ibadah  |        Jenis, jumlah, luasan, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) ada   tempat masing-masing agama, 2) luas minimal 12 m2, 3) kebersihan memadai, 4)   kemanan terjaga, 5) dll. (No. 1). Selanjutnya standar sarpras : 1)   perlengkapan ibadah, 2) satu buah lemari minimal, 3) minimal satu buah jam,   4) tempat wudlu, 5) kamar kecil, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Standar   Sarana dan Prasarana.  |   |||
|     9)  Ruang konseling  |        Luasan, kenyamanan, jenis/jumlah, dengan ketentuan : 1) luas   minimal 9 m2, 2) kenyamanan, 3) menjamin privasi siswa, 4) terdapat ruang   konselor, 5) terdapat ruang tertutup khusus layanan, 6) dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   9 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     10)                 Ruang UKS  |        Luasan, jenis, jumlah, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) luas   minimal 12 m2, 2) tempat perawatan, 3) terdapat ruang khusus pasien, 4)   dibedakan pasien pria dan wanita, 5) nyaman dan aman, serta pencahayaan   cukup, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   10 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     11)                 Ruang organisasi kesiswaan  |        Luas dan jumlah/jenis, dengan ketentuan : 1) luas   minimal 9 m2, 2) ada ruang khusus pertemuan siswa, 3) ada ruang khusus   kegiatan siswa, 4) ada ruang penyimpan assip, 5) aman, nyaman, dan ventilasi   cukup, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   11 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     12)                 Jamban  |        Jumlah, jenis, luasan, keamanan, dengan ketentuan : 1) jumlah   minimal 3 unit, 2) minimum 1 unit jamban untuk setiap 40 siswa pria, 3)   minimum 1 unit jamban untuk setiap 30 siswa wanita, 4) minimum satu jamban   untuk guru, 5) jamban harus beratap, berpintu, dan dapat dikunci, serta   bersih, 6) dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   12 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     13)                 Gudang  |        Luasan, jumlah, jenis, dengan ketentuan : 1) luasan   menyesuaikan kebutuhan, 2) ada ruang peralatan pembelajaran di luar kelas, 3)   ada gudang peralatan yangbelum berfungsi, 4) ada gudang arsip sekolah, dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   13 dari Standar Sarana dan   Prasarana.  |   |||
|     14)                 Ruang sirkulasi  |        Luasan, keamanan, kenyamanan, dengan ketentuan : 1) luas   minimal 30 % dari luas total, 2) dapat menghubungan ruang-ruang dg baik, 3)   mendapatkan cahaya dengan baik, 4) kebersihan, dll.   |   ||
|     15)                 Tempat bermain/ berolahraga  |        Rasio, jenis, jumlah, kondisi, dengan ketentuan : 1) rasio   luas minimal 1000 m2 untuk siswa kurang dari 334 siswa, 2) ruang bebas untuk   ber-OR 20 m x 30 m, 3) terdapatdi ruang yang tidak mengganggu pembelajaran,   4) lanscape datar, drainase baik dan terbuka, 5) dll.   |   ||
|     Dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel   14 dari Standar Sarana dan Prasarana.  |   
TABEL-TABEL DARI INSTRUMEN SARPRAS
Tabel 1 Standar Sarana dan Prasarana: Luas Lahan untuk 15 – 28 peserta didik / rombel
|      NO  |          JML ROMBEL  |          Luas minimum lahan (m2)  utk bangunan dengan jumlah lantai:  |    ||
|      1 lt  |          2lt  |          3 lt  |    ||
|     1  |        6  |        12.7  |        7.0  |        4.9  |   
|     2  |        7-12  |        11.1  |        6.0  |        4.3  |   
|     3  |        13 - 18  |        10.6  |        5.6  |        4.1  |   
|     4  |        19 - 24  |         10.3  |        5.5  |        4.1  |   
Lahan adalah : bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah meliputi : bangunan, lahan praktik, prasarana penunjang, dan pertamanan. Dicek dari  luas lahan pada sertifikat tanah dan dibagi jumlah siswa
Contoh : Satpen memiliki lahan 1000 m2, bangunan 1 lantai, jumlah siswa 100, 6 rombel, dengan setiap rombel 15-28 siswa*). Jadi rasio : 100 siswa /1000 m2 = 1 : 10. Lihat kolom pada tabel 1 pada Buku Juknis, Dalam tabel satpen yang dimaksud rasio idealnya 12,7. Jadi prosentasenya adalah =(10 : 12,7) x 100 %= 79 %, jadi nilai = A 
*) Apabila 1 rombel lebih dari 28 siswa maka digunakan rumus = seluruh siswa : 28 = jumlah rombelTabel 2  Standar Sarpras  rasio minimum luas lantai bangunan dengan jumlah siswa: 15-28 anak per rombel
|      No  |          Jml rombel  |          Rasio minimum luas lantai bangunan terhadap peserta didik ( m2/peserta    didk )  |    ||
|      1 lt  |          2 lt  |          3 lt  |    ||
|     1  |        6  |        3,8  |        4,2  |        4,4  |   
|     2  |        7-12  |        3,3  |        3,6  |        3,6  |   
|     3  |        13 - 18  |        3,2  |        3,4  |        3,4  |   
|     4  |        19 - 24  |        3,1  |        3,3  |        3,3  |   
Yang dimaksud dengan bangunan : gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah, jadi luas lantai yang dimaksud adalah luas seluruh lantai bangunan.  Contoh : Satpen memiliki lantai seluas 300 m2, bangunan 1 lantai, jumlah siswa 100, 6 rombel, dengan setiap rombel 15-28 siswa*). Jadi rasio : 100 siswa /300 m2= 1 : 3. Lihat kolom pada tabel 1 pada Buku Juknis. Dalam tabel satpen yang dimaksud rasio idealnya 3,8. ,Jadi prosentasenya adalah =(3 : 3,8) x 100 %= 79 %, jadi nilai = A
            *) Apabila 1 rombel lebih dari 28 siswa maka digunakan rumus = seluruh siswa : 28 = jumlah rombel  Tabel 3 dari Standar Sarana dan Prasarana
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     1  |        Kursi   siswa  |        1   buah/siswa  |   
|     2  |        Meja   siswa  |        1   buah/siswa  |   
|     3  |        Kursi   guru  |        1   buah/guru  |   
|     4  |        Meja   guru  |        1   buah/guru  |   
|     5  |        Lemari  |        1   buah/ruang  |   
|     6  |        Papan   pajang  |        1   buah/ruang  |   
|     7  |        Papan   tulis  |        1   buah/ruang  |   
|     8  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
|     9  |        Tempat   cuci tangan  |        1   buah/ruang  |   
|     10  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   
|     11  |        Soket   listrik  |        1   buah/ruang  |   
Tabel 4 Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     |        Buku  |        |   
|     1  |        Buku   teks pelajaran  |        1   buku/mata pelajaran/siswa, dan 2 buku/mata pelajaran/sekolah  |   
|     2  |        Buku   panduan guru  |        1   buku/mata pelajaran/guru ybs dan 1 buku/ mata pelajaran/sekolah  |   
|     3  |        Buku   pengayaan  |        870   judul/sekolah  |   
|     4  |        Buku   referensi  |        20   judul/sekolah  |   
|     5  |        Sumber   belajar lain  |        20   judul/sekolah  |   
|     |        Perabot  |        |   
|     6  |        Rak   buku  |        1   set/sekolah  |   
|     7  |        Rak   majalah  |        1   buah/sekolah  |   
|     8  |        Rak   surat kabar  |        1   buah/sekolah  |   
|     9  |        Meja   baca  |        15   buah/sekolah  |   
|     10  |        Kursi   baca  |        15   buah/sekolah  |   
|     11  |        Kursi   kerja  |        1   buah/petugas  |   
|     12  |        Meja   kerja/sirkulasi  |        1   buah/petugas  |   
|     13  |        Lemari   katalog  |        1   buah/sekolah  |   
|     14  |        Lemari  |        1   buah/sekolah  |   
|     15  |        Papan   pengumuman  |        1   buah/sekolah  |   
|     16  |        Meja   multimedia  |        1   buah/sekolah  |   
|     |        Media   Pendidikan  |        |   
|     17  |        Peralatan   multimedia  |        1   set/sekolah  |   
|     |        Perlengkapan   Lain  |        |   
|     18  |        Buku   inventaris  |        1   buah/sekolah  |   
|     19  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
|     20  |        Soket   listrik  |        1   buah/ruang  |   
|     21  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   
Tabel 5 Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA (terpadu antara Biologi, Fisika,Kimia)
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     |        Perabot  |        |   
|     1  |        Lemari     |        1   buah/sekolah ( kuat/stabil, aman, ukuran memadai, tertutup, dapat dikunci )  |   
|     |        Peralatan   Pendidikan  |        |   
|     |        Alat peraga   :  |        |   
|     1  |        Model   kerangka manusia  |        1   buah/sekolah  |   
|     2  |        Model   tubuh manusia  |        1   buah/sekolah  |   
|     3  |        Globe  |        1   buah/sekolah  |   
|     4  |        Model   tata surya  |        1   buah/sekolah  |   
|     5  |        Kaca   pembesar  |        6   buah/sekolah  |   
|     6  |        Cermin   datar  |        6   buah/sekolah  |   
|     7  |        Cermin   cekung  |        6   buah/sekolah  |   
|     8  |        Cermin   cembung  |        6   buah/sekolah  |   
|     9  |        Lensa   datar  |        6   buah/sekolah  |   
|     10  |        Lensa   cekung  |        6   buah/sekolah  |   
|     11  |        Lensa   cembung  |        6   buah/sekolah  |   
|     12  |        Magnet   batang  |        6   buah/sekolah  |   
|     |        Poster IPA  |        |   
|     1  |        Metamorfosis  |        1   set / sekolah  |   
|     2  |        Hewan   langka  |        1   set / sekolah  |   
|     3  |        Hewan   dilindungi  |        1   set / sekolah  |   
|     4  |        Tanaman   khas Indonesia  |        1   set / sekolah  |   
|     5  |        Contoh   ekosistem  |        1   set / sekolah  |   
|     6  |        Sistem-sistem   pernafasan hewan  |        1   set / sekolah  |   
Tabel 6 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Pimpinan
|     No  |        Jenis  |        Rasio  |   
|     1  |        Kursi   pimpinan  |        1   buah/ruang  |   
|     2  |        Meja   pimpinan  |        1   buah/ruang  |   
|     3  |        Kursi   dan meja tamu  |        1   set/ruang  |   
|     4  |        Lemari  |        1   buah/ruang  |   
|     5  |        Papan   statistik  |        1   buah/ruang  |   
|     6  |        Simbol   kenegaraan  |        1   set/ruang  |   
|     7  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
|     8  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   
Tabel 7 Standar Sarana dan Prasarana Ruang Guru
|     No  |        Jenis  |        Rasio  |   |
|      1  |          Kursi    kerja  |          1    buah/guru ditambah 1 buah/satu wakil kepala sekolah  |    |
|      2  |          Meja    kerja  |          1    buah/guru  |    |
|      3  |          Lemari  |          1    buah/guru atau 1 buah yang digunakan bersama semua guru  |    |
|      4  |          Kursi    tamu  |          1    set/ruang  |    |
|      5  |          Papan    statistik   |          1    buah/ruang   |    |
|      6  |          Papan    pengumuman  |          1    buah/sekolah  |    |
|      7  |          Tempat    sampah  |          1    buah/ruang  |    |
|      8  |          Tempat    cuci tangan  |          1    buah/ruang  |    |
|      9  |          Jam    dinding  |          1    buah/ruang  |    |
Tabel 8  Standar Sarana dan Prasarana Ruang Tatab Usaha (TU)
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     1  |        Kursi   kerja  |        1   buah/petugas  |   
|     2  |        Meja   kerja  |        1   buah/petugas  |   
|     3  |        Lemari  |        1   buah/ruang  |   
|     4  |        Papan   statistik  |        1   buah/ruang  |   
|     5  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
|     6  |        Mesin   ketik/ komputer  |        1   buah/sekolah  |   
|     7  |        Filing   cabinet  |        1   buah/sekolah  |   
|     8  |        Brankas  |        1   buah/sekolah  |   
|     9  |        Telepon  |        1   buah/sekolah  |   
|     10  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   
|     11  |        Soket   listrik  |        1   buah/ruang  |   
|     12  |        Penanda   waktu  |        1   buah/sekolah  |   
|     13  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
Tabel 9  Standar Sarana dan Prasarana Ruang Konseling
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    |
|     1  |        Meja   kerja  |        1   buah/ruang  |   |
|     2  |        Kursi   kerja  |        1   buah/ruang  |   |
|     3  |        Kursi   tamu  |        2   buah/ruang  |   |
|     4  |        Lemari  |        1   buah/ruang  |   |
|     5  |        Papan   kegiatan  |        1   buah/ruang  |   |
|     6  |        Instrumen   konseling  |        1   set/ruang  |   |
|     7  |        Buku   sumber  |        1   set/ruang  |   |
|     8  |        Media   pengembangan kepribadian  |        1   set/ruang  |   |
|     9  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   |
Tabel 10  Standar Sarana dan Prasarana Ruang UKS
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     1  |        Tempat   tidur  |        1   set/ruang  |   
|     2  |        Lemari  |        1   buah/ruang  |   
|     3  |        Meja  |        1   buah/ruang  |   
|     4  |        Kursi  |        2   buah/ruang  |   
|     5  |        Catatan   kesehatan siswa  |        1   set/ruang  |   
|     6  |        Perlengkapan   P3K  |        1   set/ruang  |   
|     7  |        Tandu  |        1   buah/ruang  |   
|     8  |        Selimut  |        1   buah/ruang  |   
|     9  |        Tensimeter  |        1   buah/ruang  |   
|     10  |        Termometer   badan  |        1   buah/ruang  |   
|     11  |        Timbangan   badan  |        1   buah/ruang  |   
|     12  |        Pengukur   tinggi badan  |        1   buah/ruang  |   
|     13  |        Tempat   sampah  |        1   buah/ruang  |   
|     14  |        Tempat   cuci tangan  |        1   buah/ruang  |   
|     15  |        Jam   dinding  |        1   buah/ruang  |   
Tabel 11  Standar Sarana dan Prasarana Ruang organisasi kesiswaan
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    |
|      1  |          Meja  |          1    buah/ruang  |    |
|      2  |          Kursi  |          4    buah/ruang  |    |
|      3  |          Papan    tulis  |          1    buah/ruang  |    |
|      4  |          Lemari  |          1    buah/ruang  |    |
|      5  |          Jam    dinding   |          1    buah/ruang  |    |
Tabel 12  Standar Sarana dan Prasarana jamban
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |          Keterangan  |    
|      1  |          Kloset    jongkok  |          1    buah/ruang  |          Saluran    berbentuk leher angsa  |    
|      2  |          Tempat    air   |          1    buah/ruang  |          Volume    minimum 200 liter Berisi air bersih  |    
|      3  |          Gayung      |          1    buah/ruang  |          |    
|      4  |          Gantungan    pakaian  |          1    buah/ruang  |          |    
|      5  |          Tempat    sampah  |          1    buah/ruang  |          |    
Tabel 13  Standar Sarana dan Prasarana gudang
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|      1  |          Lemari      |          1    buah/ruang  |    
|      2  |          Rak      |          1    buah/ruang  |    
Tabel 14  Standar Sarana dan Prasarana Tempat bermain/ berolahraga
|      No  |          Jenis  |          Rasio  |    
|     1  |        Tiang   bendera  |        1   buah/sekolah  |   
|     2  |        Bendera  |        1   buah/sekolah  |   
|     3  |        Peralatan   bola voli  |        6   buah/sekolah  |   
|     4  |        Peralatan   sepak bola  |        6   set/sekolah  |   
|     5  |        Peralatan   senam  |        1   set/sekolah  |   
|     6  |        Peralalan   atletik  |        1   set/sekolah  |   
|     7  |        Peralatan   seni budaya  |        1   set/sekolah  |   
|     8  |        Peralatan   ketrampilan  |        1   set/sekolah  |   
|     9  |        Pengeras   suara  |        1   set/sekolah  |   
|     10  |        Tape   recorder  |        1   buah/sekolah  |   
Mksh, smg bermanfaat !!!
BalasHapus