INSTRUMEN PEMANTAUAN 8 SNP SEKOLAH DASAR
Daerah Binaan / Kepengawasan : …………………………………..
Nama Sekolah                : ………………………………………………………….
Alamat Sekolah              : ………………………………………………………….
                                      Kec. ………………………………………………….. Kab. Kediri
Nama Kepala Sekolah     : ………………………………………………………….. NIP. : …………………………………………………..
No. Telepon Sekolah       : ………………………………………………………….  No. Tlp. KS : …………………………………………
Waktu Pemantauan         : Hari ……………………….., Tgl. …………………………………………………………..
PEMANTAUAN STANDAR PENGELOLAAN
1.      KOMPONEN RENCANA KERJA SEKOLAH
|     1.         Aspek Visi Sekolah  |        Scor  |   |
|     1)          |        Kriteria Visi memenuhi   unsur-unsur : Memiliki perumusan dan   penetapan visi sekolah yang mudah dipahami. Unsur-unsur dalam penetapan visi   : 1) selaras dengan visi, 2) sesuai dengan perkembangan dan tantangan   masyarakat, 3) mudah dipahami, 4) bersifat filosofis, 5) mengandung   cita-cita, 6) dll.                                                     a.   ≥ 5 unsur                                                                           c.   2  unsur            b. 3-4 unsur                                                                          d.   1 unsur                     |        |   
|     2)          |        Rumusan visi lembaga   mencakup aspek-aspek : Rumusan indikator visi :   1) kompetensi lulusan, 3) isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5)   sarana dan prasarana, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, 8) penilaian, 9) budaya,   10) lingkungan, 11) dll. a.                                             ≥ 8 aspek                                                                          c.  3-4 aspek b. 5-7 aspek                                                                           d.   1-2 aspek/tidak ada               |        |   
|     3)  |        Sekolah melaksanakan sosialisasi yang   melibatkan berbagai unsur: Sosialisasi kepada seluruh warga sekolah dan   segenap pihak yang berkepentingan. Dalam proses sosialisasi melibatkan : 1)   warga sekolah, 2) komite sekolah, 3) masyarakat, 4) dewan pendidikan, 5) LSM,   6) dunia usaha, dan 7) dll. a.                                            ≥ 6 unsur                                                                           c.   2-3 unsur b.   4-5 unsur                                                                           d.   1 unsur/tidak   ada sosialisasi  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
|     2.     Aspek   Misi Sekolah  |        |   |
|     1)  |        Rurumusan misi sekolah sesuai dengan visi lembaga bersama warga sekolah, dan memenuhi unsur: Memiliki perumusan dan   penetapan misi sekolah yang mudah dipahami serta sering disosialisasikan   kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan.   Unsur-unsur dalam menetapkan misi : 1) tiap indikator visi terdapat rumusan   misi, 2) mengandung strategi pencapaian visi, 3) mengandung tolok ukur   pencapaian, 4) dirumuskan dengan kalimat lengkap, 5) mudah dipahami, 6)   disosialisasikan, 7) dll. a.                                            ≥ 6 unsur                                                                           c.   2-3 unsur b. 4-5 unsur                                                                           d.   1 unsur/tidak ada  |        |   
|     3.     Aspek   Tujuan Sekolah  |        |   |
|     1)   |        Rumusan tujuan sekolah 4 (empat) tahunan sesuai dengan   misi dan visi lembaga bersama warga   sekolah, memenuhi unsur-unsur: Memiliki perumusan dan penetapan tujuan sekolah   4 tahun dan 1 tahun yang mudah dipahami serta sering disosialisasikan kepada   seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan . Unsur-unsur   tujuan 4 tahuan : 1) tiap misi mengandung tujuan, 2) mengandung indikator   audience-behaviour-conditions-degree, 3) dirumuskan dengan kalimat lengkap,   4) mudah dipahami, 5) disosialisaikan, dan 6) dll. a.                                            ≥ 5 unsur                                                                           c.   2 unsur b. 3-4 unsur                                                                           d.   1 unsur/tidak ada  |        |   
|     2)   |        Rumusan tujuan 4   (empat) tahunan mengandung aspek-aspek SNP : Berisi sesuai dengan aspek-aspek   : 1) SKL, 2) isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5) sarpras, 6)   pengelolaan, 7) pembiayaan, dan 8) penilaian.. a.                                            ≥ 8 aspek                                                                            c.   3-4 aspek b.   5-7 aspek                                                                            d.   1-2 aspek/tidak   ada  |        |   
|     3)   |        Sekolah telah merumuskan dan menetapkan tujuan sekolah 1 (satu) tahunan sesuai dengan tujuan 4 tahunan lembaga bersama warga   sekolah, dan memenuhi unsur-unsur: Unsur-unsur tujuan 4 tahuan : 1) tiap misi   mengandung tujuan, 2) mengandung indikator   audience-behaviour-conditions-degree, 3) dirumuskan dengan kalimat lengkap,   4) mudah dipahami, 5) disosialisaikan, dan 6) dll. a.                                            ≥ 5 unsur                                                                           c.   2 unsur b.   3-4 unsur                                                                           d.   1 unsur/tidak ada  |        |   
|     4)   |        Rumusan tujuan 1 (satu) tahunan   mengandung aspek-aspek SNP  Demikian juga untuk tujuan 1 tahunan yang   mengandung unsur-unsur di atas.Berisi sesuai dengan aspek-aspek : 1) SKL, 2)   isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5) sarpras, 6) pengelolaan, 7)   pembiayaan, dan 8) penilaian.. a.                                            ≥ 8 aspek                                                                           c.   3-4 aspek b.   5-7   aspek                                                                           d.   1-2 aspek/tidak   ada  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
|     4.     Aspek   Rencana Kerja Sekolah  |        |   |
|     1)          |        Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau   rencana kerja jangka menengah, disusun dengan sistematika atau   terdiri dari aspek-aspek : Memiliki rencana   kerja jangka menengah (empat tahunan). Unsur-unsur RKS empat tahuan : 1)   analisis lingkungan strategis, 2) analisis pendidikan saat ini, 3) analisis   pendidikan dimasa yang akan datang, 4) identifikasi tantangan nyata, 5)   rumusan visi, 6) rumusan misi, 7) rumusan tujuan , 8) program strategis, 9)   strategi  pencapaian, 10) hasil yang diharapkan,   11) supervisi, monitoring dan evaluasi, 12) RAPBS, dll.  a.                                            ≥ 12 aspek                                                                         c.   3-7 aspek b.   8-11 aspek                                                                        d.   1-2 aspek/tidak   ada  |        |   
|     2)        |        Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau   rencana kerja jangka menengah/rencana kerja empat tahunan yang   disusun memuat standar dalam SNP : a.                                            ≥ 8 standar                                                                        c.   3-4 standar  b.   5-7 standar                                                                        d.   1-2 standar/tidak ada  |        |   
|     3)        |        Sekolah memiliki Rencana Kegiatan   dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek/rencana   kerja satu tahun, disusun dengan sistematika atau terdiri dari aspek-aspek: Memiliki rencana   kerja satu tahun dengan sistematika sesuai pedoman. Unsur-unsur RAKS satu   tahunan : 1) analisis lingkungan operasional, 2) analisis kondisi pendidikan   saat ini, 3) analisis kondisi pendidikan yang akan datang, 4) idetifikasi   tantangan nyata, 5) sasaran/tujuan situasional, 6) identifikasi urusan   sekolah, 7) analisis SWOT, 8) alternatif pemecahan persoalan, 9) rencana   kegiatan, 10) hasil yang diharapkan, 11) Supervisi, monitoring dan evaluasi,   12) RAPBS, 13) jadual kegiatan, 14) penangung jawab, 15) dll a.                                            ≥ 14 aspek                                                                         c.   4-8 aspek b.   9-13 aspek                                                                        d.   1-3 aspek/tidak   ada  |        |   
|     4)        |        Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau   rencana kerja jangka menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran   Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek, telah disosialisasikan   yang melibatkan unsur-unsur : Sosialisasi oleh pemimpin sekolah   kepada : 1) warga sekolah, 2) komite sekolah, 3) masyarakat, 4) dewan   pendidikan, 5) LSM, 6) dunia usaha, 7) dll. a.                                            ≥ 6 unsur                                                                           c.   2-3 unsur b.   4-5 unsur                                                                           d.   1 unsur/tidak   ada sosialisasi  |        |   
|     5)        |        Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah   (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek yang disusun berdasarkan RKAS dan   memuat aspek-aspek dalam SNP : a.                                            ≥ 8 aspek                                                                           c.   3-4 aspek b.   5-7 aspek                                                                           d.   1-2 aspek/tidak   ada  |        |   
|     6)        |        Sekolah merencanakan kegiatan   bidang kesiswaan yang terdiri dari kegiatan: Perencanaan kegiatan bidang kesiswaan,   antara lain : 1) seleksi penerimaan siswa baru, 2) pemberian layanan   konseling, 3) melaksanaan kegiatan ekstra-kurikuler, 4) melakukan pembinaan   prestasi unggul, 5) melakukan pelacakan alumni. a.                                            ≥ 4 – 5   kegiatan                                                                c.   2 kegiatan b. 3 kegiatan                                                                          d.   1 kegiatan /tidak ada  |        |   
|     7)          |        Sekolah   merencanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran untuk   menghasilkan 5 (lima) dokumen  : Perencanaan   kegiatan bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran, menghasilkan : 1)   KTSP, 2) kelender pendidikan, 3) program pembelajaran, 4) penilaian hasil   pembelajaran, dan 5) peraturan akademik.                                         a.    4-5 jenis dokumen                                                          c.   2 jenis dokumen b.  3 jenis dokumen                                                             d.   1 jenis dokumen /tidak ada  |        |   
|     8)        |        Sekolah   merencanakan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan dan memenuhi: Perencanaan   kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan,   antara lain : 1) pembagian tugas, 2) penetuan sistem penghargaan, 3)   pengembangan profesi, 4) promosi dan penempatan, 5) mutasi                                         a.    4-5  pengelolaan                                                             c.   2 pengelolaan b.  3 pengelolaan                                                                 d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     9)          |        Perencanaan   sekolah terhadap bidang sarana dan prasarana mencakup: Pengelolaan kegiatan bidang   sarana dan prasarana pembelajaran, antara lain : 1) pemenuhan sarpras, 2)   pemeliharaan sarpras, 3) kelengkapan fasilitas pembelajaran, 4) penyusunan   skala prioritas pengembangan fasilitas pembelajaran, 5) pemeliharaan   fasilitas fisik. a.                                            ≥ 4 pengelolaan                                                               c.   2 pengelolaan b. 3 pengelolaan                                                                   d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     10)     |        Sekolah merencanakan   pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, meliputi: Pengelolaan kegiatan   bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, antara lain : 1) sumber   pengeluaran, pemasukan, dan pengelolaan, 2) kewenangan dan tanggung jawab   kepala sekolah, 3) pembukuan, 4) penggunaan anggaran dan pelaporan. a.                                            ≥ 4 pengelolaan                                                               c.   2 pengelolaan b. 3 pengelolaan                                                                  d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     11)     |        Sekolah   merencanakan, melaksanakan kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan dan hasil   suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, meliputi: Perencanaan   penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, antara   lain : 1) seminar ilmiah, 2) pelatihan tentang pengembangan budaya dan   lingkungan, 3) menciptakan kebersihan, 4) menanamkan jiwa kejuangan, 5)   kedisplinan, 6) dll. a.                                            ≥ 4 jenis                                                                              c.   2 jenis b.   3 jenis                                                                                 d.   1 jenis /tidak ada  |        |   
|     12)     |        Sekolah merencanakan jalinan   kerjasama/kemitraan dengan unsur-unsur : Perencanaan melibatkan masyarakat   pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, antara   lain : 1) LPMP, 2) DUDI, 3) perguruan tinggi, 4) sekolah lain, 5) Puskesmas,   6) kepolisian, 7) lembaga lain yang relevan. a.                                             ≥  7   unsur                                                                         c.   3 unsur b.    4-6 unsur                                                                          d.   1-2 unsur  |        |   
|     13)     |        Sekolah merencanakan program-program   pengawasan, meliputi : Perencanaan pengawasan, antara lain :   1) supervisi, 2) monitoring, 3) evaluasi, 4) pelaporan, 5) tindak lanjut hasil   pengawasan a.                                          4-5 program                                                                      c.   2 program b. 3 program                                                                         d.   1 program  |        |   
|     14)     |        Sekolah merencanakan evaluasi diri untuk   mengetahui gambaran menyeluruh tentang PEMANTAUAN 8 SNP  diri (sekolah) melalui pengkajian dan   analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan pada masing-masing aspek   SNP, sekurang-kurangnya: Perencanaan kegiatan evaluasi diri, melalui pengajian   analisis : kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman a.                                          1 tahun sekali                                                                    c.   3 tahun sekali b. 2 tahun sekali                                                                      d. 4 tahun sekali   |        |   
|     15)     |        Sekolah merencanakan   evaluasi PEMANTAUAN 8 SNP  kepada pendidik dan tenaga kependidikan melalui program: Perencanaan   evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan meliputi : 1) kesesuaian   penugasan dengan keahlian, 2) keseimbangan beban tugas, 3) kinerja tenaga   pendidik dan kependidikan, 4) pencapaian prestasi a.                                          4 program   evaluasi                                                          c.   2 program evaluasi b. 3 program evaluasi                                                          d.   1 program evaluasi/tidak ada  |        |   
|     16)     |        Sekolah   merencanakan kegiatan persiapan unsur-unsur untuk akreditasi sekolah oleh   BAS, meliputi : Perencanaan   kegiatan persiapan bahan yang diperlukan untuk akreditasi sekolah oleh BAN,   antara lain : 1) dokumen pendukung, 2) personil/pelaksana, 3) bukti fisik non   dokumen, 4) sarpras yang dinutuhkan  a.                                          4 unsur                                                                              c.   2 unsur b. 3 unsur                                                                              d.   1 unsur  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
2.      KOMPONEN PELAKSANAAN RENCANA KERJA SEKOLAH
|     1.       Aspek   Pedoman Pengelolaan Sekolah  |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki   pedoman-pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan program/kegiatan   secara tertulis yang terdiri dari : Memiliki pedoman   yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis; Mudah dipahami oleh   pihak-pihak terkait, antara lain : 1) KTSP, 2) kalender pendidikan, 3)   struktur organisasi sekolah, 4) pendayagunaan pendidikan dan kependidikan, 5)   peraturan akademik, 6) tata tertip sekolah, 7) kode etik sekolah, 8) biaya   operasional sekolah, 9) pedoman lainnya a.                                            ≥ 8 pedoman                                                                    c.   3-4 pedoman b. 5-7 pedoman                                                                    d.   1-2 pedoman /tidak ada  |        |   
|     2.       Aspek   Struktur Organisasi Sekolah  |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki   struktur organisasi dengan uraian tugas yang jelas yang meliputi : Memiliki struktur   organisasi dengan uraian tugas yang jelas dari masing-masing anggota   organisasi, antara lain : 1) bagan organisasi, 2) uraian tugas,tanggung jawab   dan kewajiban, 3) mekanisme kerja organisasi, 4) lengkap sesuai kebutuhan, 5)   dll a.                                            ≥ 4 komponen                                                                  c.   2 komponen b. 3 komponen                                                                     d.   1 komponen /tidak ada  |        |   
|     3.       Aspek   Pelaksanaan Kegiatan  |        |   |
|     1)  |        Keterlaksanaan program dan kegiatan sekolah sebagaimana   tercantum dalam RKS dan RKAS dalam tahun terakhir adalah sebesar: Pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan rencana   kerja tahunan a.                                          (76-100)%                                                                         c.   (26-50)% b. (51-75)%                                                                           d.   < 26 %  |        |   
|     4.       Aspek   Bidang Kesiswaan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah   melaksanakan kegiatan bidang kesiswaan dan   dalam tahun terakhir memenuhi : Pelaksanaan   kegiatan bidang kesiswaan, antara lain : 1) seleksi penerimaan siswa baru, 2)   pemberian layanan konseling, 3) melaksanaan kegiatan ekstra-kurikuler, 4)   melakukan pembinaan prestasi unggul, 5) melakukan pelacakan alumni a.                                            ≥ 4 – 5   kegiatan                                                                c.   2 kegiatan b. 3 kegiatan                                                                         d.   1 kegiatan /tidak ada  |        |   
|     5.       Aspek   Bidang Kurikulum dalam Kegiatan Pembelajaran  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan kegiatan   pengembangan kurikulum dan pembelajaran untuk menghasilkan   dokumen    : Pelaksanaan bidang pengembangan   kurikulum dan pembelajaran, antara lain : 1) KTSP, 2) kelender pendidikan, 3)   program pembelajaran, 4) penilaian hasil pembelajaran, dan 5) peraturan   akademik. 1) KTSP, 2) kelender pendidikan, 3) program pembelajaran, 4)   penilaian hasil pembelajaran, dan 5) peraturan akademik a.                                          4-5 jenis dokumen                                                           c.   2 jenis dokumen b. 3 jenis dokumen                                                              d.   1 jenis dokumen /tidak ada  |        |   
|     6.       Aspek   Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan pengelolaan   pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi   : Pelaksanaan kegiatan bidang   pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, antara lain : 1)   pembagian tugas, 2) penetuan sistem penghargaan, 3) pengembangan profesi, 4)   promosi dan penempatan, 5) mutasi a.                                            4-5  pengelolaan                                                              c.   2 pengelolaan b. 3 pengelolaan                                                                  d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     7.       Aspek   Bidang Sarana dan Prasarana  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan kegiatan dalam kaitannya dengan sarana meliputi : Pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana   pembelajaran, antara lain : 1) pemenuhan sarpras, 2) pemeliharaan sarpras, 3)   kelengkapan fasilitas pembelajaran, 4) penyusunan skala prioritas   pengembangan fasilitas pembelajaran, 5) pemeliharaan fasilitas fisik a.                                            ≥ 4 pengelolaan                                                               c.   2 pengelolaan b. 3 pengelolaan                                                                  d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     2)  |        Sekolah   mengawasi/mengevaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil-hasil kegiatan   bidang sarana mencakup : a.                                            ≥ 4 pengelolaan                                                               c.   2 pengelolaan b. 3 pengelolaan                                                                  d.   1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     8.       Aspek   Bidang Keuangan dan Pembiayaan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan   pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, meliputi: Pengelolaan kegiatan   bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, antara lain : 1) sumber   pengeluaran, pemasukan, dan pengelolaan, 2) kewenangan dan tanggung jawab   kepala sekolah, 3) pembukuan, 4) penggunaan anggaran dan pelaporan a.                                             ≥ 4 pengelolaan                                                               c.   2 pengelolaan  b.  3 pengelolaan                                                                 d. 1 pengelolaan /tidak ada  |        |   
|     9.       Aspek   Budaya dan Lingkungan Sekolah  |        |   |
|     1)  |        Sekolah menciptakan   (merencanakan, melaksanakan kegiatan, dan mengawasi/mengevaluasi kegiatan dan   hasil) suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, mencakup jenis kegiatan : Penciptaan suasana,   iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, antara lain : 1) seminar   ilmiah, 2) pelatihan tentang pengembangan budaya dan lingkungan, 3)   menciptakan kebersihan, 4) menanamkan jiwa kejuangan, 5) kedisplinan, 6) dll. a.                                            ≥ 4 jenis                                                                             c.   2 jenis b. 3   jenis                                                                                d.   1 jenis /tidak ada  |        |   
|     10.   Aspek   Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan jalinan   kerjasama/kemitraan dengan unsur-unsur : Keterlibatan masyarakat pendukung dan   membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, antara lain : 1) LPMP,   2) DUDI, 3) perguruan tinggi, 4) sekolah lain, 5) Puskesmas, 6) kepulisian,   7) lembaga lain yang relevan a.                                            ≥  7 unsur                                                                          c.   3 unsur b.   4-6 unsur                                                                          d.   1-2 unsur  |        |   
3. KOMPONEN PENGAWASAN DAN EVALUASI
|     1)         Aspek Program Pengawasan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan sosialisasi   kepada warga sekolah tentang program-program pengawasan, melalui: (1)   pengumuman/edaran, (2) rapat dewan guru, (3) keterlibatan guru, (4) lainnya,   dalam tahun terakhir memenuhi: a.                                          4 kegiatan                                                                          c.   2 kegiatan b. 3 kegiatan                                                                         d.   1 kegiatan/tidak ada  |        |   
|     2)  |        Sekolah   melaksanakan program-program pengawasan, yaitu: (1) supervisi, (2)   monitoring, (3) evaluasi, (4) pelaporan, dan (5) tindak lanjut hasil   pengawasan, dan dalam tahun terakhir memenuhi: a.                                          4-5 program                                                                      c.    2 program b. 3 program                                                                          d.   1 program  |        |   
|     3)  |        Sasaran   kepengawasan dari berbagai program yang ada di sekolah adalah meliputi   bidang: (1) kurikulum, (2) pembelajaran, (3) penilaian, (4) manajemen   sekolah, (5) pembiayaan, (6) ketenagaan, (7) sarpras, (8) kesiswaan, (9)   budaya sekolah dan lingkungan sekolah, dan (10) lainnya, yaitu telah memenuhi   sasaran: a.                                          ≥ 8 jenis sasaran                                                               c.   2-4 jenis sasaran b. 5-7 jenis sasaran                                                              d.   1 jenis sasaran/tidak ada  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
|     2)          Aspek   Evaluasi Diri  |        |   |
|     1)  |        Sekolah melaksanakan   evaluasi diri untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang PEMANTAUAN 8 SNP  diri (sekolah) melalui pengkajian dan   analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan pada masing-masing aspek   SNP, sekurang-kurangnya: a.                                          1 tahun sekali                                                                   c.   3 tahun sekali b. 2 tahun   sekali                                                                   d.   4 tahun sekali  |        |   
|     3)         Aspek Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan   Tenaga Kependidikan  |        |   |
|     1)  |        Sekolah   melaksanakan evaluasi PEMANTAUAN 8 SNP  melalui program:   (i) kesesuaian penugasan dengan keahlian, (ii) keseimbangan beban kerja, (iii) PEMANTAUAN 8 SNP  pendidik dan tenaga kependidikan dalam   pelaksanaan tugas, serta (iv) pencapaian prestasi pendidik dan tenaga   kependidikan, dalam satu tahun terakhir memenuhi: a.                                          4 program evaluasi                                                          c.   2 program evaluasi b. 3 program   evaluasi                                                          d.   1 program evaluasi/tidak ada  |        |   
|     4)         Aspek Akreditasi Sekolah  |        |   |
|     1)  |        Sekolah   melaksanakan persiapan unsur-unsur untuk akreditasi sekolah oleh BAN, yaitu: (1)   dokumen pendukung, (2) personil/tim pelaksana, (3) bukti fisik non dokumen,   dan (4) sarpras yang dibutuhkan untuk akreditasi, dalam satu tahun terakhir   mencapai:                                         a. 4 unsur                                                                              c.   2 unsur b. 3 unsur                                                                              d.   1 unsur  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
4. KOMPONEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH
|     1)       Aspek   Kepemimpinan Kepala Sekolah   |        |   |
|     1)  |        Sekolah memiliki   struktur kepemimpinan, yaitu:   (1) seorang kepala sekolah dan 1 (satu) atau lebih wakil kepala sekolah, (2)   dipilih secara demokratis berdasarkan rapat dewan guru, (3) dilaporkan kepada   atasan langsung, dan (4) terdapat SK dari atasan langsung, yaitu memenuhi: a.                                          4 jenis/unsur/tahapan                                                    c.   2 jenis/unsur/tahapan b. 3 jenis/unsur/tahapan                                                    d.   1 jenis/unsur/tahapan  |        |   
|     |        Sub t o t a l  |        |   
5. KOMPONEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
|     1)         Aspek Pengelolaan Informasi Manajemen   Sekolah  |        |   ||
|     1)  |        Sekolah memiliki   sistem informasi manajemen sebagai bentuk penyebarluasan dan penerimaan   informasi seperti: (1) dokumen, (2) foto, (3) leaflet, (4) booklet, (5) buku   tamu, (6) buletin, (7) papan informasi, (8) CD, (9) dll, dalam tahun terakhir   memenuhi: a.                                            ≥ 9 bentuk                                                                         c.   2-4 bentuk b. 5-8 bentuk                                                                        d.   1  bentuk  |        |   |
|     |        Sub t o t a l  |        |   |
|     |        Jumlah Sub Total   |        |   |
|     |        Score = ( Jumlah Sub Total   /Max. Sub Total ) x 100 = …………..  |        |   |
|     SCORE STANDAR STANDAR PENGELOLAAN = ( Rata-2   Score Komponen ) =  …………  Sebutan ………………. Kendala Peningkatan Standar Sarana dan   Prasarana  ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………………………………………………………………………..                                                                                                             Kediri,   ……… April  2011                                 Supervisor                                                                     Kepala Sekolah                          ………………………………                                           _________________________                          Nip. …………………………………..                                       Nip.   ……………………………………  |    |||
FORMAT PEMANTAUAN STANDAR TK
TAHUN 2011
Nama Sekolah                         : …………………………………………………..
Nama Yayasan                                    : …………………………………………………..
Nama Kepala Sekolah             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Nama Guru                             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Alamat Sekolah                       : ………………………………………………………………………………………………
                                                : ………………………………………………………………………………………………
Nama Pengawas Sekolah        : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
B.   STANDAR PENGELOLAAN
|     No  |        ASpek   yang dinilai  |        Score  |   ||||
|     0  |        1  |        2  |        3  |        4  |   ||
|     1  |        Visi, misi, dan tujuan lembaga  a.          Memiliki visi, misi, dan   tujuan yang mudah dipahami dan telah disosialisasikan secara luas b.          Memiliki visi, misi, dan   tujuan yang mudah dipahami dan telah disosialisasikan secara terbatas c.          Memiliki visi, misi, dan   tujuan yang mudah dipahami tapi belum disosialisasikan d.          Memiliki visi, misi, dan   tujuan yang sulit  dipahami dan belum   disosialisasikan e.          Tidak memiliki visi, misi,   dan tujuan  |        |        |        |        |        |   
|     2  |        Unsur-unsur yang terlibat dalam penyusunan visi,   misi, dan tujuan : (1) penyelenggara pendidikan / yayasan, (2) Komsek, (3)   guru, (4) perwakilan tenaga kependidikan a.          Melibatkan 4 unsur b.          Melibatkan 3 unsur c.          Melibatkan 2 unsur d.          Melibatkan 1 unsur e.          Tidak melibatkan / hanya   adopsi  |        |        |        |        |        |   
|     3  |        Pengadministrasian kegiatan a.          Mengadministrasikan lebih   dari 3 kegiatan b.          Mengadministrasikan 3   kegiatan c.          Mengadministrasikan 2 kegiatan d.          Mengadministrasikan 1   kegiatan e.          Tidak mengadministrasikan  |        |        |        |        |        |   
|     4  |        Setiap    sumber belajar  dikelola dengan   meliputi : (1) pengadaan, (2) pemanfaatan, (3) perawatan a.          Melakukan penngelolaan lebih   dari 4 kegiatan sumebr belajar b.          Melakukan penngelolaan  4 kegiatan sumber belajar c.          Melakukan penngelolaan  3 kegiatan sumber belajar d.          Melakukan penngelolaan  2 kegiatan sumber belajar e.          Melakukan penngelolaan  1 kegiatan sumber belajar  |        |        |        |        |        |   
|     5  |        Pengawasan dan evaluasi program a.          Sebanyak 80 % - 100 %  b.          Sebanyak 60 % - 80 % c.          Sebanyak 40 % - 60 % d.          Sebanyak 20 % - 40 % e.          Kurang dari 20 %  |        |        |        |        |        |   
|     J U M L A H  |        |        |        |        |        |   |
|     NILAI : ( Score Perolehan : 20 ) x 100  |        |   |||||
|     SCORE STANDAR   PENGELOLAAN = ( Rata-2 Score Komponen ) =    ………… Sebutan ………………. Kendala Peningkatan Standar Isi ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………                                                                                                                Kediri, ……… Januari 2011                         Supervisor                                                                     Kepala Sekolah -                          ……………………………                                              _________________________                          Nip.   ……………………………….                                        Nip.   ……………………………………  |   ||||||
FORMAT PEMANTAUAN STANDAR TK
TAHUN 2011
Nama Sekolah                         : …………………………………………………..
Nama Yayasan                                    : …………………………………………………..
Nama Kepala Sekolah             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Nama Guru                             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Alamat Sekolah                       : ………………………………………………………………………………………………
                                                : ………………………………………………………………………………………………
Nama Pengawas Sekolah        : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
C.   STANDAR PEMBIAYAAN
|     No  |        ASpek   yang dinilai  |        Score  |   ||||
|     0  |        1  |        2  |        3  |        4  |   ||
|     1  |        Biaya inventasi meliputi : (1) pengadaan sarpras   pembelajaran, (2) pengembangan SDM, (3) modal kerja tetap a.          Sebanyak 80 % - 100 %  b.          Sebanyak 60 % - 80 % c.          Sebanyak 40 % - 60 % d.          Sebanyak 20 % - 40 % e.          Kurang dari 20 %  |        |        |        |        |        |   
|     2  |        Biaya operasional : untuk gaji guru dan tenaga   kependidikan serta tunjangan melekat, bahan / peralatan habis pakai, dan dan   operasi pendidikan tidak langsung a.          Sebanyak 80 % - 100 %  b.          Sebanyak 60 % - 80 % c.          Sebanyak 40 % - 60 % d.          Sebanyak 20 % - 40 % e.          Kurang dari 20 %  |        |        |        |        |        |   
|     3  |        Pungutan biaya personal : meliputi : biaya   pendidikan oleh peserta didik a.          Memungut 1 jenis biaya   personal b.          Memungut 2 jenis biaya   personal c.          Memungut 3 jenis biaya   personal d.          Memungut 4 jenis biaya   personal e.          Memungut lebih dari 4 jenis   biaya personal  |        |        |        |        |        |   
|     4  |        Sumber dana yang diperoleh : a.          Mencukupi untuk membiayai   lebih dari 3 aspek b.          Mencukupi untuk membiayai 3   aspek c.          Mencukupi untuk membiayai 2   aspek d.          Mencukupi untuk membiayai 1   aspek e.          Tidak mencukupi untuk   membiayai 1 aspek  |        |        |        |        |        |   
|     5  |        Pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan a.          Sesuai peraturan b.          Melaksanakan, tapi tidak   sepenuhnya sesuai peraturan c.          Melaksanakan, tapi dengan   penyesuaian peraturan d.          Melaksanakan pengawasan tapi   tidak menyusun pertanggungjawaban e.          Tidak melaksanakan  |        |        |        |        |        |   
|     J U M L A H  |        |        |        |        |        |   |
|     NILAI : ( Score Perolehan : 20 ) x 100  |        |   |||||
|     SCORE STANDAR   PEMIAYAAN  = ( Rata-2 Score Komponen )   =  ………… Sebutan ………………. Kendala Peningkatan Standar Isi ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………  ………………………………………………………………………………………………………………………………………                                                                                                                Kediri, ……… Januari 2011                         Supervisor                                                                     Kepala Sekolah -                          ……………………………                                              _________________________                          Nip.   ……………………………….                                        Nip.   ……………………………………  |   ||||||
bisa di emailkan pak...
BalasHapus