Kamis, 31 Maret 2011

FORMAT PEMANTAUAN STANDAR PENGELOLAAN SD


INSTRUMEN PEMANTAUAN 8 SNP SEKOLAH DASAR
Daerah Binaan / Kepengawasan : …………………………………..

Nama Sekolah                : ………………………………………………………….
Alamat Sekolah              : ………………………………………………………….
                                      Kec. ………………………………………………….. Kab. Kediri
Nama Kepala Sekolah     : ………………………………………………………….. NIP. : …………………………………………………..
No. Telepon Sekolah       : ………………………………………………………….  No. Tlp. KS : …………………………………………
Waktu Pemantauan         : Hari ……………………….., Tgl. …………………………………………………………..

PEMANTAUAN STANDAR PENGELOLAAN

1.      KOMPONEN RENCANA KERJA SEKOLAH
1.       Aspek Visi Sekolah
Scor
1)        
Kriteria Visi memenuhi unsur-unsur :
Memiliki perumusan dan penetapan visi sekolah yang mudah dipahami. Unsur-unsur dalam penetapan visi : 1) selaras dengan visi, 2) sesuai dengan perkembangan dan tantangan masyarakat, 3) mudah dipahami, 4) bersifat filosofis, 5) mengandung cita-cita, 6) dll.
           a. ≥ 5 unsur                                                                           c. 2  unsur
           b. 3-4 unsur                                                                          d. 1 unsur                  

2)      
Rumusan visi lembaga mencakup aspek-aspek :
Rumusan indikator visi : 1) kompetensi lulusan, 3) isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5) sarana dan prasarana, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, 8) penilaian, 9) budaya, 10) lingkungan, 11) dll.
a.   ≥ 8 aspek                                                                          c.  3-4 aspek
b. 5-7 aspek                                                                           d. 1-2 aspek/tidak ada            

3)
Sekolah melaksanakan sosialisasi yang melibatkan berbagai unsur:
Sosialisasi kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. Dalam proses sosialisasi melibatkan : 1) warga sekolah, 2) komite sekolah, 3) masyarakat, 4) dewan pendidikan, 5) LSM, 6) dunia usaha, dan 7) dll.
a.  ≥ 6 unsur                                                                           c. 2-3 unsur
b. 4-5 unsur                                                                           d. 1 unsur/tidak ada sosialisasi


Sub t o t a l

2.     Aspek Misi Sekolah

1)
Rurumusan misi sekolah sesuai dengan visi lembaga bersama warga sekolah, dan memenuhi unsur:
Memiliki perumusan dan penetapan misi sekolah yang mudah dipahami serta sering disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. Unsur-unsur dalam menetapkan misi : 1) tiap indikator visi terdapat rumusan misi, 2) mengandung strategi pencapaian visi, 3) mengandung tolok ukur pencapaian, 4) dirumuskan dengan kalimat lengkap, 5) mudah dipahami, 6) disosialisasikan, 7) dll.
a.  ≥ 6 unsur                                                                           c. 2-3 unsur
b. 4-5 unsur                                                                           d. 1 unsur/tidak ada

3.     Aspek Tujuan Sekolah

1) 
Rumusan tujuan sekolah 4 (empat) tahunan sesuai dengan misi dan visi lembaga bersama warga sekolah, memenuhi unsur-unsur:
Memiliki perumusan dan penetapan tujuan sekolah 4 tahun dan 1 tahun yang mudah dipahami serta sering disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan . Unsur-unsur tujuan 4 tahuan : 1) tiap misi mengandung tujuan, 2) mengandung indikator audience-behaviour-conditions-degree, 3) dirumuskan dengan kalimat lengkap, 4) mudah dipahami, 5) disosialisaikan, dan 6) dll.
a.  ≥ 5 unsur                                                                           c. 2 unsur
b. 3-4 unsur                                                                           d. 1 unsur/tidak ada

2) 
Rumusan tujuan 4 (empat) tahunan mengandung aspek-aspek SNP :
Berisi sesuai dengan aspek-aspek : 1) SKL, 2) isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5) sarpras, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, dan 8) penilaian..
a.  ≥ 8 aspek                                                                            c. 3-4 aspek
b. 5-7 aspek                                                                            d. 1-2 aspek/tidak ada

3) 
Sekolah telah merumuskan dan menetapkan tujuan sekolah 1 (satu) tahunan sesuai dengan tujuan 4 tahunan lembaga bersama warga sekolah, dan memenuhi unsur-unsur:
Unsur-unsur tujuan 4 tahuan : 1) tiap misi mengandung tujuan, 2) mengandung indikator audience-behaviour-conditions-degree, 3) dirumuskan dengan kalimat lengkap, 4) mudah dipahami, 5) disosialisaikan, dan 6) dll.
a.  ≥ 5 unsur                                                                           c. 2 unsur
b. 3-4 unsur                                                                           d. 1 unsur/tidak ada

4) 
Rumusan tujuan 1 (satu) tahunan mengandung aspek-aspek SNP
Demikian juga untuk tujuan 1 tahunan yang mengandung unsur-unsur di atas.Berisi sesuai dengan aspek-aspek : 1) SKL, 2) isi, 3) proses, 4) pendidik dan kependidikan, 5) sarpras, 6) pengelolaan, 7) pembiayaan, dan 8) penilaian..
a.  ≥ 8 aspek                                                                           c. 3-4 aspek
b. 5-7 aspek                                                                           d. 1-2 aspek/tidak ada


Sub t o t a l

4.     Aspek Rencana Kerja Sekolah

1)        
Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau rencana kerja jangka menengah, disusun dengan sistematika atau terdiri dari aspek-aspek :
Memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan). Unsur-unsur RKS empat tahuan : 1) analisis lingkungan strategis, 2) analisis pendidikan saat ini, 3) analisis pendidikan dimasa yang akan datang, 4) identifikasi tantangan nyata, 5) rumusan visi, 6) rumusan misi, 7) rumusan tujuan , 8) program strategis, 9) strategi  pencapaian, 10) hasil yang diharapkan, 11) supervisi, monitoring dan evaluasi, 12) RAPBS, dll.
a.  ≥ 12 aspek                                                                         c. 3-7 aspek
b. 8-11 aspek                                                                        d. 1-2 aspek/tidak ada

2)      
Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau rencana kerja jangka menengah/rencana kerja empat tahunan yang disusun memuat standar dalam SNP :
a.  ≥ 8 standar                                                                        c. 3-4 standar
b. 5-7 standar                                                                        d. 1-2 standar/tidak ada

3)      
Sekolah memiliki Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek/rencana kerja satu tahun, disusun dengan sistematika atau terdiri dari aspek-aspek:
Memiliki rencana kerja satu tahun dengan sistematika sesuai pedoman. Unsur-unsur RAKS satu tahunan : 1) analisis lingkungan operasional, 2) analisis kondisi pendidikan saat ini, 3) analisis kondisi pendidikan yang akan datang, 4) idetifikasi tantangan nyata, 5) sasaran/tujuan situasional, 6) identifikasi urusan sekolah, 7) analisis SWOT, 8) alternatif pemecahan persoalan, 9) rencana kegiatan, 10) hasil yang diharapkan, 11) Supervisi, monitoring dan evaluasi, 12) RAPBS, 13) jadual kegiatan, 14) penangung jawab, 15) dll
a.  ≥ 14 aspek                                                                         c. 4-8 aspek
b. 9-13 aspek                                                                        d. 1-3 aspek/tidak ada

4)      
Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau rencana kerja jangka menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek, telah disosialisasikan yang melibatkan unsur-unsur :
Sosialisasi oleh pemimpin sekolah kepada : 1) warga sekolah, 2) komite sekolah, 3) masyarakat, 4) dewan pendidikan, 5) LSM, 6) dunia usaha, 7) dll.
a.  ≥ 6 unsur                                                                           c. 2-3 unsur
b. 4-5 unsur                                                                           d. 1 unsur/tidak ada sosialisasi

5)      
Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek yang disusun berdasarkan RKAS dan memuat aspek-aspek dalam SNP :
a.  ≥ 8 aspek                                                                           c. 3-4 aspek
b. 5-7 aspek                                                                           d. 1-2 aspek/tidak ada

6)      
Sekolah merencanakan kegiatan bidang kesiswaan yang terdiri dari kegiatan:
Perencanaan kegiatan bidang kesiswaan, antara lain : 1) seleksi penerimaan siswa baru, 2) pemberian layanan konseling, 3) melaksanaan kegiatan ekstra-kurikuler, 4) melakukan pembinaan prestasi unggul, 5) melakukan pelacakan alumni.
a.  ≥ 4 – 5 kegiatan                                                                c. 2 kegiatan
b. 3 kegiatan                                                                          d. 1 kegiatan /tidak ada

7)      
Sekolah merencanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran untuk menghasilkan 5 (lima) dokumen  :
Perencanaan kegiatan bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran, menghasilkan : 1) KTSP, 2) kelender pendidikan, 3) program pembelajaran, 4) penilaian hasil pembelajaran, dan 5) peraturan akademik.
a.  4-5 jenis dokumen                                                          c. 2 jenis dokumen
b.  3 jenis dokumen                                                             d. 1 jenis dokumen /tidak ada


8)      
Sekolah merencanakan pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan dan memenuhi:
Perencanaan kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, antara lain : 1) pembagian tugas, 2) penetuan sistem penghargaan, 3) pengembangan profesi, 4) promosi dan penempatan, 5) mutasi
a.  4-5  pengelolaan                                                             c. 2 pengelolaan
b.  3 pengelolaan                                                                 d. 1 pengelolaan /tidak ada

9)      
Perencanaan sekolah terhadap bidang sarana dan prasarana mencakup:
Pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran, antara lain : 1) pemenuhan sarpras, 2) pemeliharaan sarpras, 3) kelengkapan fasilitas pembelajaran, 4) penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pembelajaran, 5) pemeliharaan fasilitas fisik.
a.  ≥ 4 pengelolaan                                                               c. 2 pengelolaan
b. 3 pengelolaan                                                                   d. 1 pengelolaan /tidak ada

10)   
Sekolah merencanakan pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, meliputi:
Pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, antara lain : 1) sumber pengeluaran, pemasukan, dan pengelolaan, 2) kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah, 3) pembukuan, 4) penggunaan anggaran dan pelaporan.
a.  ≥ 4 pengelolaan                                                               c. 2 pengelolaan
b. 3 pengelolaan                                                                  d. 1 pengelolaan /tidak ada

11)   
Sekolah merencanakan, melaksanakan kegiatan, dan mengevaluasi kegiatan dan hasil suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, meliputi:
Perencanaan penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, antara lain : 1) seminar ilmiah, 2) pelatihan tentang pengembangan budaya dan lingkungan, 3) menciptakan kebersihan, 4) menanamkan jiwa kejuangan, 5) kedisplinan, 6) dll.
a.  ≥ 4 jenis                                                                              c. 2 jenis
b. 3 jenis                                                                                 d. 1 jenis /tidak ada

12)   
Sekolah merencanakan jalinan kerjasama/kemitraan dengan unsur-unsur :
Perencanaan melibatkan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, antara lain : 1) LPMP, 2) DUDI, 3) perguruan tinggi, 4) sekolah lain, 5) Puskesmas, 6) kepolisian, 7) lembaga lain yang relevan.
a.     7 unsur                                                                         c. 3 unsur
b.  4-6 unsur                                                                          d. 1-2 unsur

13)   
Sekolah merencanakan program-program pengawasan, meliputi :
Perencanaan pengawasan, antara lain : 1) supervisi, 2) monitoring, 3) evaluasi, 4) pelaporan, 5) tindak lanjut hasil pengawasan
a.  4-5 program                                                                      c. 2 program
b. 3 program                                                                         d. 1 program

14)   
Sekolah merencanakan evaluasi diri untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang PEMANTAUAN 8 SNP  diri (sekolah) melalui pengkajian dan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan pada masing-masing aspek SNP, sekurang-kurangnya:
Perencanaan kegiatan evaluasi diri, melalui pengajian analisis : kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
a.  1 tahun sekali                                                                    c. 3 tahun sekali
b. 2 tahun sekali                                                                   d. 4 tahun sekali

15)   
Sekolah merencanakan evaluasi PEMANTAUAN 8 SNP  kepada pendidik dan tenaga kependidikan melalui program:
Perencanaan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan meliputi : 1) kesesuaian penugasan dengan keahlian, 2) keseimbangan beban tugas, 3) kinerja tenaga pendidik dan kependidikan, 4) pencapaian prestasi
a.  4 program evaluasi                                                          c. 2 program evaluasi
b. 3 program evaluasi                                                          d. 1 program evaluasi/tidak ada

16)   
Sekolah merencanakan kegiatan persiapan unsur-unsur untuk akreditasi sekolah oleh BAS, meliputi :
Perencanaan kegiatan persiapan bahan yang diperlukan untuk akreditasi sekolah oleh BAN, antara lain : 1) dokumen pendukung, 2) personil/pelaksana, 3) bukti fisik non dokumen, 4) sarpras yang dinutuhkan
a.  4 unsur                                                                              c. 2 unsur
b. 3 unsur                                                                              d. 1 unsur


Sub t o t a l


2.      KOMPONEN PELAKSANAAN RENCANA KERJA SEKOLAH
1.       Aspek Pedoman Pengelolaan Sekolah

1)
Sekolah memiliki pedoman-pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan program/kegiatan secara tertulis yang terdiri dari :
Memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis; Mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait, antara lain : 1) KTSP, 2) kalender pendidikan, 3) struktur organisasi sekolah, 4) pendayagunaan pendidikan dan kependidikan, 5) peraturan akademik, 6) tata tertip sekolah, 7) kode etik sekolah, 8) biaya operasional sekolah, 9) pedoman lainnya
a.  ≥ 8 pedoman                                                                    c. 3-4 pedoman
b. 5-7 pedoman                                                                    d. 1-2 pedoman /tidak ada

2.       Aspek Struktur Organisasi Sekolah

1)
Sekolah memiliki struktur organisasi dengan uraian tugas yang jelas yang meliputi :
Memiliki struktur organisasi dengan uraian tugas yang jelas dari masing-masing anggota organisasi, antara lain : 1) bagan organisasi, 2) uraian tugas,tanggung jawab dan kewajiban, 3) mekanisme kerja organisasi, 4) lengkap sesuai kebutuhan, 5) dll
a.  ≥ 4 komponen                                                                  c. 2 komponen
b. 3 komponen                                                                     d. 1 komponen /tidak ada

3.       Aspek Pelaksanaan Kegiatan

1)
Keterlaksanaan program dan kegiatan sekolah sebagaimana tercantum dalam RKS dan RKAS dalam tahun terakhir adalah sebesar:
Pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan rencana kerja tahunan
a.  (76-100)%                                                                         c. (26-50)%
b. (51-75)%                                                                           d. < 26 %

4.       Aspek Bidang Kesiswaan

1)
Sekolah melaksanakan kegiatan bidang kesiswaan dan dalam tahun terakhir memenuhi :
Pelaksanaan kegiatan bidang kesiswaan, antara lain : 1) seleksi penerimaan siswa baru, 2) pemberian layanan konseling, 3) melaksanaan kegiatan ekstra-kurikuler, 4) melakukan pembinaan prestasi unggul, 5) melakukan pelacakan alumni
a.  ≥ 4 – 5 kegiatan                                                                c. 2 kegiatan
b. 3 kegiatan                                                                         d. 1 kegiatan /tidak ada

5.       Aspek Bidang Kurikulum dalam Kegiatan Pembelajaran

1)
Sekolah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran untuk menghasilkan   dokumen  :
Pelaksanaan bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran, antara lain : 1) KTSP, 2) kelender pendidikan, 3) program pembelajaran, 4) penilaian hasil pembelajaran, dan 5) peraturan akademik. 1) KTSP, 2) kelender pendidikan, 3) program pembelajaran, 4) penilaian hasil pembelajaran, dan 5) peraturan akademik
a.  4-5 jenis dokumen                                                           c. 2 jenis dokumen
b. 3 jenis dokumen                                                              d. 1 jenis dokumen /tidak ada

6.       Aspek Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1)
Sekolah melaksanakan pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan meliputi :
Pelaksanaan kegiatan bidang pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, antara lain : 1) pembagian tugas, 2) penetuan sistem penghargaan, 3) pengembangan profesi, 4) promosi dan penempatan, 5) mutasi
a.  4-5  pengelolaan                                                              c. 2 pengelolaan
b. 3 pengelolaan                                                                  d. 1 pengelolaan /tidak ada

7.       Aspek Bidang Sarana dan Prasarana

1)
Sekolah melaksanakan kegiatan dalam kaitannya dengan sarana meliputi :
Pengelolaan kegiatan bidang sarana dan prasarana pembelajaran, antara lain : 1) pemenuhan sarpras, 2) pemeliharaan sarpras, 3) kelengkapan fasilitas pembelajaran, 4) penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pembelajaran, 5) pemeliharaan fasilitas fisik
a.  ≥ 4 pengelolaan                                                               c. 2 pengelolaan
b. 3 pengelolaan                                                                  d. 1 pengelolaan /tidak ada

2)
Sekolah mengawasi/mengevaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil-hasil kegiatan bidang sarana mencakup :
a.  ≥ 4 pengelolaan                                                               c. 2 pengelolaan
b. 3 pengelolaan                                                                  d. 1 pengelolaan /tidak ada

8.       Aspek Bidang Keuangan dan Pembiayaan

1)
Sekolah melaksanakan pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, meliputi:
Pengelolaan kegiatan bidang keuangan dan pembiayaan pendidikan, antara lain : 1) sumber pengeluaran, pemasukan, dan pengelolaan, 2) kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah, 3) pembukuan, 4) penggunaan anggaran dan pelaporan
a.   ≥ 4 pengelolaan                                                               c. 2 pengelolaan
 b.  3 pengelolaan                                                                 d. 1 pengelolaan /tidak ada

9.       Aspek Budaya dan Lingkungan Sekolah

1)
Sekolah menciptakan (merencanakan, melaksanakan kegiatan, dan mengawasi/mengevaluasi kegiatan dan hasil) suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, mencakup jenis kegiatan :
Penciptaan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif, antara lain : 1) seminar ilmiah, 2) pelatihan tentang pengembangan budaya dan lingkungan, 3) menciptakan kebersihan, 4) menanamkan jiwa kejuangan, 5) kedisplinan, 6) dll.
a.  ≥ 4 jenis                                                                             c. 2 jenis
b. 3 jenis                                                                                d. 1 jenis /tidak ada

10.   Aspek Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan

1)
Sekolah melaksanakan jalinan kerjasama/kemitraan dengan unsur-unsur :
Keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, antara lain : 1) LPMP, 2) DUDI, 3) perguruan tinggi, 4) sekolah lain, 5) Puskesmas, 6) kepulisian, 7) lembaga lain yang relevan
a.    7 unsur                                                                          c. 3 unsur
b. 4-6 unsur                                                                          d. 1-2 unsur


3. KOMPONEN PENGAWASAN DAN EVALUASI
1)       Aspek Program Pengawasan

1)
Sekolah melaksanakan sosialisasi kepada warga sekolah tentang program-program pengawasan, melalui: (1) pengumuman/edaran, (2) rapat dewan guru, (3) keterlibatan guru, (4) lainnya, dalam tahun terakhir memenuhi:
a.  4 kegiatan                                                                          c. 2 kegiatan
b. 3 kegiatan                                                                         d. 1 kegiatan/tidak ada

2)
Sekolah melaksanakan program-program pengawasan, yaitu: (1) supervisi, (2) monitoring, (3) evaluasi, (4) pelaporan, dan (5) tindak lanjut hasil pengawasan, dan dalam tahun terakhir memenuhi:
a.  4-5 program                                                                      c. 2 program
b. 3 program                                                                          d. 1 program

3)
Sasaran kepengawasan dari berbagai program yang ada di sekolah adalah meliputi bidang: (1) kurikulum, (2) pembelajaran, (3) penilaian, (4) manajemen sekolah, (5) pembiayaan, (6) ketenagaan, (7) sarpras, (8) kesiswaan, (9) budaya sekolah dan lingkungan sekolah, dan (10) lainnya, yaitu telah memenuhi sasaran:
a.  ≥ 8 jenis sasaran                                                               c. 2-4 jenis sasaran
b. 5-7 jenis sasaran                                                              d. 1 jenis sasaran/tidak ada


Sub t o t a l

2)        Aspek Evaluasi Diri

1)
Sekolah melaksanakan evaluasi diri untuk mengetahui gambaran menyeluruh tentang PEMANTAUAN 8 SNP  diri (sekolah) melalui pengkajian dan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan pada masing-masing aspek SNP, sekurang-kurangnya:
a.  1 tahun sekali                                                                   c. 3 tahun sekali
b. 2 tahun sekali                                                                   d. 4 tahun sekali

3)       Aspek Evaluasi Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1)
Sekolah melaksanakan evaluasi PEMANTAUAN 8 SNP  melalui program: (i) kesesuaian penugasan dengan keahlian, (ii) keseimbangan beban kerja, (iii) PEMANTAUAN 8 SNP  pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas, serta (iv) pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan, dalam satu tahun terakhir memenuhi:
a.  4 program evaluasi                                                          c. 2 program evaluasi
b. 3 program evaluasi                                                          d. 1 program evaluasi/tidak ada

4)       Aspek Akreditasi Sekolah

1)
Sekolah melaksanakan persiapan unsur-unsur untuk akreditasi sekolah oleh BAN, yaitu: (1) dokumen pendukung, (2) personil/tim pelaksana, (3) bukti fisik non dokumen, dan (4) sarpras yang dibutuhkan untuk akreditasi, dalam satu tahun terakhir mencapai:
a. 4 unsur                                                                              c. 2 unsur
b. 3 unsur                                                                              d. 1 unsur


Sub t o t a l


4. KOMPONEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH
1)       Aspek Kepemimpinan Kepala Sekolah

1)
Sekolah memiliki struktur kepemimpinan, yaitu: (1) seorang kepala sekolah dan 1 (satu) atau lebih wakil kepala sekolah, (2) dipilih secara demokratis berdasarkan rapat dewan guru, (3) dilaporkan kepada atasan langsung, dan (4) terdapat SK dari atasan langsung, yaitu memenuhi:
a.  4 jenis/unsur/tahapan                                                    c. 2 jenis/unsur/tahapan
b. 3 jenis/unsur/tahapan                                                    d. 1 jenis/unsur/tahapan


Sub t o t a l


5. KOMPONEN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH
1)       Aspek Pengelolaan Informasi Manajemen Sekolah
1)
Sekolah memiliki sistem informasi manajemen sebagai bentuk penyebarluasan dan penerimaan informasi seperti: (1) dokumen, (2) foto, (3) leaflet, (4) booklet, (5) buku tamu, (6) buletin, (7) papan informasi, (8) CD, (9) dll, dalam tahun terakhir memenuhi:
a.  ≥ 9 bentuk                                                                         c. 2-4 bentuk
b. 5-8 bentuk                                                                        d. 1  bentuk


Sub t o t a l


Jumlah Sub Total


Score = ( Jumlah Sub Total /Max. Sub Total ) x 100 = …………..

SCORE STANDAR STANDAR PENGELOLAAN = ( Rata-2 Score Komponen ) =  …………
Sebutan ……………….
Kendala Peningkatan Standar Sarana dan Prasarana

…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
                                                                                                            Kediri, ……… April  2011
                                Supervisor                                                                   Kepala Sekolah


                         ………………………………                                           _________________________
                         Nip. …………………………………..                                       Nip. ……………………………………









 

FORMAT PEMANTAUAN STANDAR TK
TAHUN 2011

Nama Sekolah                         : …………………………………………………..
Nama Yayasan                                    : …………………………………………………..
Nama Kepala Sekolah             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Nama Guru                             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Alamat Sekolah                       : ………………………………………………………………………………………………
                                                : ………………………………………………………………………………………………
Nama Pengawas Sekolah        : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
B.   STANDAR PENGELOLAAN

No
ASpek yang dinilai
Score
0
1
2
3
4
1
Visi, misi, dan tujuan lembaga
a.        Memiliki visi, misi, dan tujuan yang mudah dipahami dan telah disosialisasikan secara luas
b.        Memiliki visi, misi, dan tujuan yang mudah dipahami dan telah disosialisasikan secara terbatas
c.        Memiliki visi, misi, dan tujuan yang mudah dipahami tapi belum disosialisasikan
d.        Memiliki visi, misi, dan tujuan yang sulit  dipahami dan belum disosialisasikan
e.        Tidak memiliki visi, misi, dan tujuan





2
Unsur-unsur yang terlibat dalam penyusunan visi, misi, dan tujuan : (1) penyelenggara pendidikan / yayasan, (2) Komsek, (3) guru, (4) perwakilan tenaga kependidikan
a.        Melibatkan 4 unsur
b.        Melibatkan 3 unsur
c.        Melibatkan 2 unsur
d.        Melibatkan 1 unsur
e.        Tidak melibatkan / hanya adopsi





3
Pengadministrasian kegiatan
a.        Mengadministrasikan lebih dari 3 kegiatan
b.        Mengadministrasikan 3 kegiatan
c.        Mengadministrasikan 2 kegiatan
d.        Mengadministrasikan 1 kegiatan
e.        Tidak mengadministrasikan





4
Setiap  sumber belajar  dikelola dengan meliputi : (1) pengadaan, (2) pemanfaatan, (3) perawatan
a.        Melakukan penngelolaan lebih dari 4 kegiatan sumebr belajar
b.        Melakukan penngelolaan  4 kegiatan sumber belajar
c.        Melakukan penngelolaan  3 kegiatan sumber belajar
d.        Melakukan penngelolaan  2 kegiatan sumber belajar
e.        Melakukan penngelolaan  1 kegiatan sumber belajar





5
Pengawasan dan evaluasi program
a.        Sebanyak 80 % - 100 %
b.        Sebanyak 60 % - 80 %
c.        Sebanyak 40 % - 60 %
d.        Sebanyak 20 % - 40 %
e.        Kurang dari 20 %





J U M L A H





NILAI : ( Score Perolehan : 20 ) x 100

SCORE STANDAR PENGELOLAAN = ( Rata-2 Score Komponen ) =  ………… Sebutan ……………….
Kendala Peningkatan Standar Isi

………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………



                                                                                                            Kediri, ……… Januari 2011
                        Supervisor                                                                   Kepala Sekolah

-


                         ……………………………                                            _________________________
                         Nip. ……………………………….                                        Nip. ……………………………………








 

FORMAT PEMANTAUAN STANDAR TK
TAHUN 2011

Nama Sekolah                         : …………………………………………………..
Nama Yayasan                                    : …………………………………………………..
Nama Kepala Sekolah             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Nama Guru                             : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
                                                : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
Alamat Sekolah                       : ………………………………………………………………………………………………
                                                : ………………………………………………………………………………………………
Nama Pengawas Sekolah        : ………………………………………………….. NIP. …………………………………
C.   STANDAR PEMBIAYAAN

No
ASpek yang dinilai
Score
0
1
2
3
4
1
Biaya inventasi meliputi : (1) pengadaan sarpras pembelajaran, (2) pengembangan SDM, (3) modal kerja tetap
a.        Sebanyak 80 % - 100 %
b.        Sebanyak 60 % - 80 %
c.        Sebanyak 40 % - 60 %
d.        Sebanyak 20 % - 40 %
e.        Kurang dari 20 %





2
Biaya operasional : untuk gaji guru dan tenaga kependidikan serta tunjangan melekat, bahan / peralatan habis pakai, dan dan operasi pendidikan tidak langsung
a.        Sebanyak 80 % - 100 %
b.        Sebanyak 60 % - 80 %
c.        Sebanyak 40 % - 60 %
d.        Sebanyak 20 % - 40 %
e.        Kurang dari 20 %





3
Pungutan biaya personal : meliputi : biaya pendidikan oleh peserta didik
a.        Memungut 1 jenis biaya personal
b.        Memungut 2 jenis biaya personal
c.        Memungut 3 jenis biaya personal
d.        Memungut 4 jenis biaya personal
e.        Memungut lebih dari 4 jenis biaya personal





4
Sumber dana yang diperoleh :
a.        Mencukupi untuk membiayai lebih dari 3 aspek
b.        Mencukupi untuk membiayai 3 aspek
c.        Mencukupi untuk membiayai 2 aspek
d.        Mencukupi untuk membiayai 1 aspek
e.        Tidak mencukupi untuk membiayai 1 aspek





5
Pengawasan dan pertanggungjawaban keuangan
a.        Sesuai peraturan
b.        Melaksanakan, tapi tidak sepenuhnya sesuai peraturan
c.        Melaksanakan, tapi dengan penyesuaian peraturan
d.        Melaksanakan pengawasan tapi tidak menyusun pertanggungjawaban
e.        Tidak melaksanakan





J U M L A H





NILAI : ( Score Perolehan : 20 ) x 100

SCORE STANDAR PEMIAYAAN  = ( Rata-2 Score Komponen ) =  ………… Sebutan ……………….
Kendala Peningkatan Standar Isi

………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………



                                                                                                            Kediri, ……… Januari 2011
                        Supervisor                                                                   Kepala Sekolah

-


                         ……………………………                                            _________________________
                         Nip. ……………………………….                                        Nip. ……………………………………